Terkadang ada saja hal yang membuat kita merasa panik, salah satunya yaitu cincin yang kita pakai sulit untuk dilepaskan. Meskipun kita sudah mencobanya berkali kali namun cincin yang kita kenakan tetap saja tidak bisa dilepaskan sehingga jika dipaksa jari kita malah akan sakit dan jika dibiarkan saja, Anda ingin membersihkan atau malah cincin tersebut membuat Anda tidak nyaman. Kemudian apa yang harus Anda lakukan?

Berikut Logam Mulia sajikan beberapa tips cara mengeluarkan cincin yang tersangkut dijari Anda. Jadi Anda tidak perlu terburu buru memotong cincin yang Anda miiki bukan?

Tips Mengeluarkan Cincin yang Tersangkut Di Jari atau Kekecilan

1. Memutar Mutar Cincin

Cara mengeluarkan cincin yang kekecilan satu ini merupakan cara yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang.

Langkah yang dapat Anda lakukan yaitu:

  • Pegang cincin dengan jari telunjuk dan ibu jari, dengan jempol pada bagian pangkal, kemudian mulai memutar cincin bolak-balik dengan pelan-pelan, sementara perlahan menarik cincin keluar
  • Pastikan bahwa Anda tidak memaksakan untuk menarik cincin tersebut keluar. Hal ini dapat menambah jari Anda membengkak dan membuatnya lebih sulit untuk mengeluarkan cincin.

2. Menggunakan Pelumas

Menggunakan sesuatu yang bersifat licin untuk melepas cincin Anda. Terdapat banyak barang rumah tangga yang aman bagi kulit yang dapat digunakan sebagai pelumas untuk mengeluarkan cincin dan dengan tingkat kerusakan minimal pada kulit. Pembersih berbasis Amonia seperti Windex sering bekerja dengan baik. Beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai pelumas, diantaranya yaitu vaselin, windex, Hand lotion, Rambut conditioner / shampoo, Petroleum jelly atau salep antibiotik (Pilihan terbaik jika kulit rusak), Mentega lembut, atau minyak goreng, Shortening (lard), Sabun dan air, Baby Oil.

Caranya yaitu dengan mengoleskan pelicin di bagian cincin yang menempel dengan kulit. Putar-putar cincinnya dan semprotkan atau oleskan pelicin lagi di cincin tersebut. Tarik cincin pelan-pelan dari jari Anda, jika perlu tetap putar sambil tarik maju mundur sedikit demi sedikit.

Tips Mengeluarkan Cincin yang Tersangkut Di Jari atau Kekecilan
Tips Mengeluarkan Cincin yang Tersangkut Di Jari atau Kekecilan

3. Menggunakan Air Dingin

Melepaskan cincin yang kekecilan dengan mencelupakan kedalam air dingin ini ternyata juga ampuh dan sering digunakan oleh beberapa orang. Jika kita perhatikan memang ketika tangan kita basah atau suasana sedang sejuk cincin yng kita kenakan terasa lebih longgar dari pada saat cuaca panas. Nah dari hal tersebutlah kita dapat menggunakan metode yang satu ini.

Caranya yaitu dengan mencelupkan tangan kita ke air dingin bukan air es selama beberapa menit kemudian coba kita lepaskan dengan memutar mutar cincin tersebut seperti cara yang dilakukan di nomer satu.

4. Metode Benang Gigi

Metode yang satu ini merupakan salah satu metode sederhana yang terbukti Ampuh dapat melepaskan cincin yang kita kenakan.

Langkah langkah yang dapat dilakukan yaitu:

  1. Selipkan salah satu ujung benang gigi di bawah cincin. Jika perlu, gunakan jarum untuk menyelipkan benang giginya.
  2. Lilitkan benang gigi di sekeliling jari, hingga ke buku-buku jari. Kencangkan lilitannya namun jangan terlalu kencang karena dapat membuat jari sakit atau membiru. Kendurkan lilitan jika terlalu kencang.
  3. Lepaskan lilitan benang gigi, mulai dari pangkal jari. Saat Anda melepaskan lilitannya, cincinnya akan terangkat dari jari dan terlepas.
  4. Setelah cincin terlepas, bersihkan area jari di mana cincin berada dan periksa apakah ada luka.Jangan memakai cincin itu lagi di tempat yang sama sebelum Anda memperbesar ukuran cincinnya atau sebelum bengkak di jari hilang.
Tips Mengeluarkan Cincin yang Tersangkut Di Jari atau Kekecilan

Sumber:

  • wikihow.com
  • labarasi.wordpress.com
Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Tips Memperbaiki dan Mengatasi Cincin yang Kebesaran atau Longgar

Artikel/ Tips Mengatasi Cincin Yang Longgar / Cara Mengecilkan Cincin Emas

Tips Memilih Cincin Tunangan yang Sesuai dengan Bentuk Jari Tangan

Artikel / Cincin Tunangan yang Sesuai Bentuk Jari

Keindahan dan Khasiat Black Diamond yang Wajib Diketahui

Artikel / Batu Berlian Hitam/ Khasiat Batu Berlian Hitam

Melihat Kepribadian Wanita dari Jenis Perhiasan yang Dikenakan

Artikel / Jenis Perhiasan Berdasarkan Kepribadian