Mendapatkan hadiah atau kado berupa cincin berlian dari pasangan membuat hati terbuai dan berbunga-bunga luar biasa. Namun, ketika ternyata cincin tersebut kebesaran atau longgar di jari Anda, apakah bunga tersebut lantas layu?Eits... Jangan langsung kesal pada si dia!

Jika Anda malas membawa cincin tersebut ke toko emas untuk menyesuaikan ukurannya agar pas di jari, ada beberapa cara praktis untuk mengecilkan cincin yang dapat Anda lakukan endiri dirumah, penasaran bagaimana? Simak artikel dari Logam Mulia berikut ini.

Tips Memperbaiki dan Mengatasi Cincin yang Kebesaran atau Longgar

1. Poles Cincin dengan Menggunakan Kuteks

Apabila ukuran cincin Anda kebesaran, poleskan kuteks bening di bagian dalam cincin (yang menyentuh kulit). Lakukan sampai beberapa tingkat lapisan, lalu coba kenakan di jari Anda. Jika masih terasa longgar, tambahkan polesan kutes hingga terasa pas dan fit di pergelangan jari.

Perlu Anda ingat, sebelum memasangkan cincin ke jari Anda, pastikan kuteks mengering di setiap lapisan yang Anda poles. Ternyata, cara ini bisa melindungi kulit jari yang sensitif terhadap benda metal.

2. Gunakan Isolasi Transparan

Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk menyiasati cincin yang longgar yaitu dengan menggunakan isolasi transparan. Caranya, ambil isolasi transparan, kemudian bagi dua memanjang (sehingga lebarnya jadi lebih kecil). Kemudian, tempelkan salah satu ujungnya ke bagian belakang cincin. Buat gerakan keluar masuk (dari luar dan dalam lingkaran cincin) sampai akhirnya menutupi seluruh lingkaran cincin.
Tips Memperbaiki dan Mengatasi Cincin yang Kebesaran atau Longgar
Tips Memperbaiki dan Mengatasi Cincin yang Kebesaran atau Longgar

3. Menggunakan Karet Ban Bekas

Tips ketiga yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menggunakan karet ban bekas. Caranya yaitu sediakan karet bekas ban dalam motor atau sepeda. Sedikit saja. Kenapa ban karet? Karena jika terkena air tidak apa-apa dan cepat kering. Bisa juga menggunakan spon atau bantalan sepatu tapi tidak ramah dengan air. Potong karet ban menyesuaikan bagian samping ring kanan dan kiri. Lalu tempelkan karet ban di bagian dalam ring sebelah samping kanan dan kiri. Jika dirasa cukup dengan salah satu sisi saja maka cukuplah di tempel di bagian samping salah satu saja. Di bagian dalam ring ya, jangan di luar hahaha. Lem yang digunakan? Sebaiknya lem yang berwarna kuning. Bisa castol bisa fox atau merek yang lain. Karena lem jenis ini masih bisa dilepas tanpa merusak ring. Setelah selesai, tinggal dipakai saja cincin anda. Dari luar tampak rapi, cincin jadi pas di jari, dan tidak mengurangi estetika kita dalam memakai cincin

4. Gunakan Pengganjal Cincin

Kita dapat membeli pengganjal cincin dari katalog penawaran keperluan rumah tanga, yang terbuat dari plastik bening/ tabung karet terbelah yang dapat diselipkan ke balik cincin. Cara lain yang lebih mudah, lilitkan benang katun di balik cincin hingga mencapai ketebalan yang diinginkan
Tips Memperbaiki dan Mengatasi Cincin yang Kebesaran atau Longgar

Sumber:

  • http://female.kompas.com/
  • http://www.irfanro.com/


Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Tips Mengeluarkan Cincin yang Tersangkut Di Jari atau Kekecilan

Artikel / Tips Melepaskan Cincin yang Kekecilan / Cincin Kekecilan

Tips Merawat Batu Ruby yang Baik dan Benar

Artikel / Tips Merawat Batu Ruby / Batu Ruby

Tips Merawat Perhiasan dan Cara Merawat Perhiasan yang Salah

Artikel / Tips Perawatan Perhiasan dari Beragam Bahan

Tips Memilih Cincin Berdasarkan Kegunaan dan Bahan Dasar Pembuatnya

Artikel / Tips Memilih Cincin / Cincin Fashion