Emas merupakan salah satu logam mulia yang sangat didambakan oleh setiap orang. Emas dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang cukup menguntungkan saat ini. Meskipun ada beberapa jenis investasi yang lain, namun emas tetap menjadi pilihan banyak kalangan untuk mendapatkan keuntungan dimasa depan. Mengapa mereka lebih memilih berinvestasi emas? Hal tersebut karena emas menjadi barang yang memiliki harga yang cenderung naik tiap tahunnya dan jarang terjadi penurunan secara signifikan. Dengan jumlah sumber daya alam penghasil emas yang semakin terbatas diduga hal ini yang menjadi penyebab harga emas semakin tinggi tiap tahunnya. Maka dari itu, semakin hari banyak diantara kita yang ingin menyimpan kekayaanya dalam bentuk emas.

Jika kita ingin berinvestasi emas batangan, terlebih dahulu kita harus mengetahui potensi dan strategi apa yang dapat dilakukan agar selama berinvestasi emas antam tersebut kita dapat memperoleh keuntungan. Karena berinvestasi logam mulia membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 5 sampai 10 tahun barulah kita akan mendapatkan keuntunganya. Oleh karena itu selama kita menunggu harga emas tersebut naik pastinya kita tidak ingin ketika kita menjual emas tersebut kita masih mengalami kerugian. Berikut Logam Mulia sajikan beberapa strategi berinvestasi emas yang dapat Anda lakukan mulia dari sekarang.

4 Tahap ini Harus Kamu Lakukan Jika Ingin Investasi Emas

Investasi Emas dengan Teknik Klasik

Teknik Klasik biasanya menerapan prinsip membeli emas saat harga emas tersebut murah dan menjualnya kembali pada waktu harga emas tersebut naik. Nah, selisih harga jual dan harga beli inilah yang menjadi potensi mengapa berinvestasi emas cukup diminati oleh sebagian besar masyarakat.

Faktor utama yang mempengaruhi perubahan naik turunnya harga emas yaitu faktor permintaan dan penawaran. Ketika peminat emas meningkat, maka secara otomatis harga emas semakin mahal, sebaliknya ketika peminat emas menurun maka harga emas akan turun. Hal inilah yang harus Anda ketahui jika Anda ingin menerapkan teknik klasik dalam berinvestasi emas.

Cara berinvestasi emas dengan teknik klasik ini adalah metode investasi yang dilakukan oleh orang tua kita sejak zaman dahulu. Mereka ulet mengumpulkan perhiasan emas untuk disimpan sebagai aset dan ada sebagian dari perhiasan tersebut yang juga mereka gunakan untuk mempercantik penampilannya.

Investasi emas dengan teknik klasik terbukti cukup efektif jika dilakukan dalam waktu yang tepat dan dalam jangka waktu yang cukup lama misalkan 5 sampai 10 tahun. Keuntungan lain yang dapat kita peroleh dari berinvestasi emas yaitu kita bisa segera menjual perhiasan tersebut jika sewaktu waktu kita membutuhkan uang misalnya untuk biaya pendidikan, kesehatan, biaya hidup, dan lain lain.

Strategi Investasi Emas dengan Teknik Menabung

Mengubah tabungan Anda dari uang tunai kedalam bentuk perhiasan berlian atau emas batangan termasuk strategi investasi yang dapat Anda lakukan jika ingin memperoleh keuntungan dari investasi emas. Teknik menabung ini mengajarkan kita untuk merencanakan dan mengkalkulasi kebutuhan dan keuangan kita dimasa depan.

Caranya yaitu dengan menyisihkan sebagain penghasilan kita misalkan menyisihkan 20 sampai 30 persen penghasilan kita untuk membeli minimal 1 gram emas saja setiap bulan. Dengan kenaikan nilai emas yang mencapai 20 % tiap tahunnya maka Anda dapat mengamankan uang Anda dalam bentuk emas tersebut untuk Anda gunakan dimasa depan.

4 Tahap ini Harus Kamu Lakukan Jika Ingin Investasi Emas
Keuntungan yang dapat Anda peroleh dari menabung emas tersebut yaitu ketika tabungan Anda tersebut sudah terkumpul, bukan hanya dapat Anda jual kembali saat harga emas tinggi namun Anda juga dapat memanfaatkan tabungan Anda tersebut untuk masa depan Anda. Misalkan untuk biaya pendidikan anak, membeli rumah, asuransi kesehatan keluarga, biaya umroh dan haji. Hal tersebut dapat terealisasi dengan baik asalkan kita disiplin dalam menabung dan menyiapkan semuanya untuk mas depan kita.
4 Tahap ini Harus Kamu Lakukan Jika Ingin Investasi Emas

Menggunakan Emas untuk Modal Usaha

Strategi berinvestasi emas yang satu ini sudah umum digunakan oleh kalangan pengusaha dan entrepreneur dengan menjadikan emas batangan sebagai modal usaha. Sebagian besar dari mereka menyekolahkan atau menggadaikan emas tersebut kemudian uang yang mereka dapatkan digunakan sebagai modal usaha atau bisnis.

Namun Anda harus mengetahui kelemahan dan kelebihan dari strategi tersebut, jika bisnis yang Anda jalankan bangkrut maka emas yang Anda miliki akan hilang atau berkurang namun jika bisnis Anda maju, tidak meutup kemungkinan jumlah emas yang Anda miliki akan semakin bertambah.

Contoh, seorang karyawan pabrik ingin mempunyai usaha, dimana setiap dia memperoleh gaji yang cukup besar, dia gunakan gaji tersebut untuk membeli emas batangan. Kemudian emas batangan tersebut dia gadaikan. Dimana uang hasil gadai tersebut dia manfaatkan untuk mengembangkan bisnis yang dia geluti. Hasil dari perputaran bisnis tersebut dia gunakan untuk membayar biaya gadai dan menebus emas batangannya. Nah, dari hal ini karyawan tersebut dapat memiliki keduanya yaitu mempunyai usaha yang terus berkembang dan memiliki emas batangan. Lumayan bukan? Yang penting kita dapat memperhitungkan semua pengeluaran dan mampu untuk membayar biaya gadai emas batangan tersebut.

Strategi Investasi Menabung Emas Di Penggadaian

Jika kita ingin berinvestasi emas namun takut untuk menyimpannya dirumah karena dirasa kurang aman maka kita dapat menitipkan atau menyimpan emas kita di penggadaian. Konsep tabungan emas antam pada pelayanan pemerintah ini yaitu dengan cara menitipkan, mencicil dan menabung emas

Menitipkan emas di penggadain dijamin lebih aman karena emas yang disimpan di penggadaian diasuransikan sehingga Anda tidak perlu khawatir emas yang Anda miliki akan hilang. Namun jika kita menitipkan emas di penggadaian kita dikenakan biaya penitipan emas. Misalkan kita menitipkan 1 kg emas maka kita dikenakan biaya tiap bulannya senilai Rp 200.000.

4 Tahap ini Harus Kamu Lakukan Jika Ingin Investasi Emas

Selain itu penggadaian juga memiliki strategi investasi emas dengan system mencicil. Jika Anda tidak memiliki uang yang cukup banyak untuk membeli emas antam maka teknik yang satu ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda hanya tinggal datang ke kantor penggadaian terdekat untuk memilih logam mulia yang diinginkan kemudian Anda membayar uang muka sebesar 20 sampai 30 persen dari harga emas setelah itu menentukan emas tersebut akan dicicil selama berapa bulan dan setelah lunas emas tersebut dapat Anda bawa pulang ke rumah.

Dan layanan investasi emas antam lain yang diberikan oleh penggadain yaitu system menabung emas. Caranya yaitu jika Anda ingin membeli emas antam seberat 1 gram di penggadain dengan harga emas saat ini Rp 500.000 per gram maka Anda harus menyetorkan uang tabungan Anda minimal 1 % dari harga emas antam tersebut jadi Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 maka kita sudah mendapatkan emas seberat 0,01 gram. Jika jumlah tabungan yang sudah disetorkan mencapai bobot emas yang kita inginkan makan kita dapat mencetak dan membawa pulang emas antam tersebut. Sangat hemat dan ringan sekali bukan?

Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Kesalahan yang Sering Dilakukan pada Saat Berinvestasi Emas

Artikel / Kesalahan Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Panduan Praktis Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Artikel / Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Sisi Lain Kelebihan Berinvestasi Emas Perhiasan

Artikel / Kelebihan Berinvestasi Perhiasan Emas

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Investasi Perhiasan Emas

Artikel / Kelebihan Investasi Perhiasan Emas / Investasi Emas