Cara berinvestasi emas untuk pemula merupakan panduan bagaimana menginvestasikan uang Anda di logam mulia agar dijadikan sebagai faktor kunci emas bisnis Anda sekaligus pengamat aset bisnis Anda.

Dari berbagai instrumen investasi yang ada saat ini, emas atau perhiasan masih dianggap paling aman, apalagi bagi para kaum wanita. Jenis investasi lain kurang diminati karena dianggap terlalu rumit atau beresiko. Misalnya saja saham atau valas, jika investor tidak siap, maka bisa jantungan melihat fluktuasi harga, atau investasi properti yang harus menyiapkan modal besar untuk memulainya.

Selain aman, investasi emas juga memiliki beberapa kelebihan dibanding instrumen investasi lain. Apa saja? Mari Kita simak artikel berikut ini.

Panduan Praktis Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Harga Emas Terus Naik

Dalam jangka panjang, harga emas atau perhiasan tidak pernah turun dan akan selalu naik. Jangka panjang yang di maksudkan disini adalah dalam tahunnya.

Nilai Nominal atau Nilai Intrinsik

Dengan kata lain, harga bahan dan nilai barang secara keuangan merupakan sama. Di bandingkan uang kertas yang harga kertasnya tidak seberapa, tapi nilai bendanya mencapai Rp 100 ribu.

Bisa Digadaikan

Butuh uang tunai tapi belum rela menjual emasnya?Ssolusinya adalah Gadaikan saja. Bisa ke perorangan atau langsung ke kantor pegadaian. Pilihan ini tentunya lebih aman untuk dilakukan.

Mudah Dijual Kembali

Tidak seperti instrumen investasi lain yang harus ke bank atau penyelenggara investasi tertentu, emas dapat dijual di toko emas manapun. Bahkan bisa juga dijual ke perorangan.

Panduan Praktis Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula
Panduan Praktis Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Sistem Investasi Mudah Dimengerti

Proses jual beli emas sangatlah mudah. Ikuti saja harga emas yang sesuai dengan harga hari transaksi. Untuk akhir pekan (Sabtu dan Minggu), harga emas akan mengikuti harga penutupan di hari Jumat.

Satu hal lagi yang perlu diketahui yaitu istilah harga jual dan harga beli akan mengacu pada sisi penjual. Seandainya tercantum harga jual emas Rp 500 ribu per gram dan harga beli emas Rp 450 ribu per gram maka artinya Anda harus mengeluarkan uang Rp 500 ribu per gram jika ingin membeli emas dan mendapat Rp 450 ribu per gram jika ingin menjual emas.

Dimana Bisa Membeli Emas?

Jika Anda tertarik untuk memulai investasi emas, berikut ini ada beberapa pilihannya:
Panduan Praktis Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

1. Toko Emas

Sebaiknya, pilihlah toko emas yang sudah menjadi langganan keluarga atau orang terdekat. Anda juga bisa mencari rekomendasi dari berbagai forum misalnya seperti toko perhiasan berlian Logam Mulia.

Toko perhiasan logam mulia menyediakan berbagai macam perhiasan dengan harga rasional, mulai dari emas kuning, emas putih, berlian, dan batu permata. Perhiasan yang disediakan seperti cincin, liontin, gelang, kalung, dan anting-anting.

• Logam Mulia menggunakan berlian berkualitas tinggi dan memiliki standart F Color dan VVS1 clarity.

• Logam Mulia menyediakan perhiasan batu permata berkualitas (precious gemstone).

• Batu permata yang disediakan antara lain batu safir (Sapphire), batu ruby (Ruby, dan batu zamrud (Emerald).

• Perhiasan yang disediakan Logam Mulia dapat digunakan sebagai cincin tunangan, cincin kawin, cincin couple, untuk kolektor batu permata, fashion, hadiah, dan pesta.

Panduan Praktis Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

2. Kantor ANTAM (Aneka Tambang)

Jika ragu masalah keaslian, maka kami sarankan untuk membeli emas langsung di ANTAM. Saat ini, kantor ANTAM hanya ada di 3 kota, yaitu: Jakarta, Surabaya, dan Makassar. Dan ada batasan antrian 150-200 pembeli saja. Alur pembelian di ANTAM bisa diketahui lebih lanjut di official website antam.

3. Kantor Pegadaian

Di Pegadaian juga bisa membeli emas, baik dalam bentuk emas batangan maupun emas perhiasan. Namun, karena persediaannya yang bekas barang gadaian, maka kualitas dan model barangnya tidak seperti barang baru.
Panduan Praktis Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

4. Transaksi Online

Yang lebih suka transaksi via online, sekarang ada banyak juga penjual emas di dunia maya. Tapi selalu pastikan reputasi penjualnya, ya? Gunakan forum online yang membahas tentang investasi emas untuk mendapatkan rekomendasi penjual-penjual yang terpercaya.

Anda juga dapat menjual dan membeli emas atau perhiasan untuk investasi Anda di logammuliajewelry.com

Panduan Praktis Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula
Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Sisi Lain Kelebihan Berinvestasi Emas Perhiasan

Artikel / Kelebihan Berinvestasi Perhiasan Emas

Kesalahan yang Sering Dilakukan pada Saat Berinvestasi Emas

Artikel / Kesalahan Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Tips Membeli Gelang Berlian Di Toko Emas Secara Online

Artikel / Tips Membeli Gelang Berlian / Perhiasan Berlian

Cara Merawat Perhiasan Berlian Secara Berkala Agar Lebih Awet

Cara Merawat Perhiasan / Perhiasan / Emas