Emas salah satu pilihan investasi yang paling diminati saat ini karena keunggulan-keunggulan yang dimilikinya. Ragam jenis emas pun ada banyak. Yang paling sering orang memilih perhiasan yang dibeli doi toko emas sebagai pilihan investasi.

Investasi emas sudah turun temurun dilakukan oleh para pendahulu mereka, seperti dalam proses upacara pernikahan, kelahiran seorang anak atau cucu, dan acara adat lainnya. Salah satu yang dipergunakan dalam prosesi adat atau budaya tersebut adalah emas perhiasan.

Seiring perkembangan jaman, emas juga semakin mudah untuk dimiliki. Tidak seperti jaman dahulu, di mana emas masih menjadi milik kalangan tertentu. Salah satu daya tarik emas sebagai investasi adalah harganya yang cenderung stabil.

Berikut ini lima kelebihan berinvestasi emas perhiasan:

1. Simbol Kebudayaan Suatu Daerah

Kelebihan pertama dari investasi perhiasan emas ialah sebagai simbol dari suatu daerah tertentu berdasarkan ukiran/bentuk dari perhiasan, atau bisa juga sebagai simbol dari kalangan tertentu pada lapisan bangsawan atau orang yang mampu.

Perhiasan emas juga bisa menjadi perbedaan kelas sosial di masyarakat tertentu. Sehingga apabila semakin banyak orang mengenakan emas perhiasan maka dianggap sebagai orang berada atau orang yang kaya. Pasti Anda sendiri sudah pernah dengar hal ini sebelumnya.

Sisi Lain Kelebihan Berinvestasi Emas Perhiasan
Sisi Lain Kelebihan Berinvestasi Emas Perhiasan

2. Warisan Budaya atau Keluarga

Perhiasan emas dibandingkan dengan emas batangan atau emas koin lebih mempunyai arti yang mendalam bagi seseorang. Alasannya sederhana, emas dalam bentuk perhiasan, antara satu dengan yang lain bentuknya dapat berbeda. Ya, karena memang tergantung dari selera pemilikinya.

Jika koin emas atau emas batangan pada umumnya memiliki bentuk yang sama, tidak demikian dengan emas perhiasan. Karena keunikan bentuk, nilai artistik, atau karena nilai historisnya bisa menjadi barang yang lebih berharga. Sehingga tidak sedikit emas dalam bentuk perhiasan dijadikan warisan budaya atau warisan keluarga.

Investasi emas yang demikian cukup bagus nantinya krena jika kita meninggal nanti bisa memberikan sebuah barang peninggalan yang cukup berharga dan tentunya tidak akan menjadikan perselisihan diantara ahli waris yang akan mendapatkan jatah masih-masing emas tersebut.

3. Mempunyai Pilihan Harga yang Bervariasi

Hal ketiga ini sepertinya para ibu-ibu sudah mengetahuinya. Benar sekali, emas perhiasan memang mempuyai banyak pilihan harga, dan lebih bervariasi dibandingkan emas koin atau emas batangan. Mengapa? Ya, balik lagi ke poin ke dua, emas perhiasan memiliki nilai artistik.

Selain itu juga emas perhiasan memiliki kadar emas yang berbeda-beda. Misalnya ada yang 14 karat, 18 karat, dan seterusnya. Selain itu, ada beberapa campuran logam lain pada proses pembuatan emas perhiasan. Agar nilai artistiknya menjadi lebih terlihat menarik maka ditambah pula berlian atau batu-batuan permata lainnya.

Sisi Lain Kelebihan Berinvestasi Emas Perhiasan
Sisi Lain Kelebihan Berinvestasi Emas Perhiasan

4. Dapat Dijadikan Fashion

Pernahkan Anda ketika sedang jalan-jalan di tempat umum baik itu bandara, bank, atau di mall. Ada seorang wanita yang menggunakan anting atau kalungnya dengan emas batangan satu kilogram? Pasti Anda belum pernah melihatnya. Karena memang emas batangan bukan diperuntukan untuk perhiasan tubuh.

Perhiasan emas memang menarik, terutama bagi Anda yang memperhatikan penampilan. Dengan demikian emas memiliki kelebihan ganda, aksesoris dan sarana investasi.Tidak ada salahnya juga kalau memilih perhiasan emas sebagai investasi, tetapi pertimbangkan dulu untung ruginya.


5. Cincin Emas Sang Pilot

Entah cerita ini fiktif atau memang benar nyata adanya. Diambil dari kisah seorang pilot pesawat Amerika yang dibekali oleh pusat komando militer. Sebuah cincin emas dibagikan untuk para pilot pesawat tempur. Cincin emas tersebut berfungsi apabila pesawat jatuh ditembak musuh di medan peperangan.

Dan apabila pilot berhasil selamat karena berhasil keluar dari pesawat yang jatuh dengan menggunakan kursi pelontarnya. Maka pilot tadi, di negara musuh dapat bertahan hidup dengan menggunakan cincin emas tersebut.

Sisi Lain Kelebihan Berinvestasi Emas Perhiasan

Dengan cincin emas itu bisa dijual, kemudian uang dari penjualan cincin emas tersebut, bisa untuk bahan makanan dan menghubungi markas komando agar dijemput oleh tim pasukan pembantu. Oleh karena itu, ia masih bisa bertahan hidup di negara musuh. Jadi memang bukan karena cincin emasnya yang sakti.

Sumber: https://www.thegold.asia

Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Investasi Perhiasan Emas

Artikel / Kelebihan Investasi Perhiasan Emas / Investasi Emas 

Memoles Perhiasan Emas Putih

Cara / Mencuci Emas Putih

Tips Mudah Membersihkan Perhiasan Emas Putih

artikel/ Tips Mudah Membersihkan Perhiasan Emas Putih. 

Panduan Praktis Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Artikel / Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Tips Menggadaikan Perhiasan Emas untuk Kebutuhan Lebaran

Artikel / Tips Menggadaikan Perhiasan