Perhiasan emas putih bisa menambah kesan elegan pada penampilan Anda. Anda juga pasti memiliki perhiasan emas putih favorit yang sering Anda pakai. Namun, jika sering Anda pakai perhiasan itu akan menjadi banyak goresan. Dan haruskah Anda memoles perhiasan Anda? Tentu saja, tapi itu bukan solusi terbaik. Penasaran? Simak penjelasan di bawah ini.

Berapa Sering Emas Putih Harus Dipoles?

Secara umum, memoles emas putih lebih dari dua kali dalam setahun akan menyebabkan kehilangan lapisan rhodium lebih cepat. Jadi, poles perhiasan emas putih sekali atau dua kali saja dalam setahun. Jika Anda sering memakai perhiasan emas putih, maka bekas goresan akan lebih cepat terbentuk.

Jika hal ini terjadi, Anda boleh memolesnya lebih sering dari yang disarankan. Tapi, untuk kasus seperti ini, bersiaplah mengeluarkan lebih banyak uang untuk mengembalikan warna emas putih saat lapisannya banyak menghilang.

Bagaimana Perhiasan Emas Putih Dibuat?

Emas putih sebenarnya dibuat dari emas kuning yang dicampur dengan logam lain yang berwarna putih. Tapi, meskipun campuran tersebut dibuat sedemikian rupa, tetap saja ada corak kuning yang terlihat. Itu sebabnya, campuran tersebut masih harus dilapisi dengan rhodium, yang warnanya adalah warna perhiasan emas putih yang bisa dilihat. Jadi pada kenyataannya, emas putih adalah campuran emas kuning dengan logam putih yang dilapisi dengan rhodium. Warna emas putih pada perhiasan Anda sebenarnya agak kekuningan.

Bagaimana Cara Mengembalikan Warnanya?

Jadi, sekarang lapisan dalam emas putih bisa terlihat jelas dan kekuningan, apa yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya menjadi putih kembali?

Tentu saja Anda bisa melapisinya kembali dengan rhodium.Hampir setiap toko perhiasan menyediakan layanan ini dengan biaya yang variatif. Perlu diperhatikan bahwa harga bisa mempengaruhi kualitas dan hasil dari pelapisan rhodium ini. Sebelum Anda memutuskan dimana perhiasan Anda dilapisi ulang, pastikan untuk bertanya kepada ahli perhiasan tentang metode yang digunakan dan seberapa tebal lapisannya.

Anda tidak perlu bingung lagi memikirkan kapan waktunya perhiasan emas putih harus dipoles. Meskipun mungkin perawatannya memakan biaya yang ekstra, namun perhiasan Anda akan tetap terjaga kilaunya.

Mengapa Memoles Perhiasan Emas Putih Dapat Berdampak Buruk?

Meski lapisan rhodium membuat emas putih berkilau dan berwarna putih, hal ini juga merupakan alasan mengapa perhiasan Anda tidak boleh sering dipoles. Setiap kali Anda membawa perhiasan Anda ke toko perhiasan untuk dipoles, perhiasan Anda digosok menggunakan bahan abrasif yang menghilangkan lapisan tipis dari permukaan perhiasan. Dan proses ini menghilangkan lapisan rhodium.

Jika lapisan luar dari perhiasan emas putih sudah aus karena pemakaian jangka panjang, memolesnya bisa menghilangkan sedikit lapisan yang masih tersisa. Hal ini bisa membuat lapisan bawah yang berwarna kekuningan terlihat. Bahkan, jika Anda tidak sering memakainya, perhiasan Anda tetap bisa memiliki goresan yang lebih dalam. Untuk menghilangkan goresannya, perhiasan harus dipoles lebih keras lagi dan semakin menghilangkan bagian terpenting dari lapisan rhodium.

Tapi, jika memoles perhiasan bukan solusi terbaik, apa yang harus dilakukan jika perhiasan tergores? Pertama, sebaiknya perhiasan emas putih tidak terlalu sering dipoles. Sebagai gantinya, tunggu sampai ada banyak goresan, lalu bawa perhiasan ke ahlinya untuk dipoles. Untuk sementara, Anda bisa menggunakan kain pembersih khusus emas.


Sumber: https://www.orori.com
Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Tips Mudah Membersihkan Perhiasan Emas Putih

artikel/ Tips Mudah Membersihkan Perhiasan Emas Putih. 

Sisi Lain Kelebihan Berinvestasi Emas Perhiasan

Artikel / Kelebihan Berinvestasi Perhiasan Emas

Tips Menggadaikan Perhiasan Emas untuk Kebutuhan Lebaran

Artikel / Tips Menggadaikan Perhiasan 

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Investasi Perhiasan Emas

Artikel / Kelebihan Investasi Perhiasan Emas / Investasi Emas 

Mengapa Harus Perhiasan Berlian

Artikel / Manfaat Perhiasan Berlian