Bagi anda yang sangat menghargai suatu ikatan antara laki-laki dan perempuan atau akan melangsungkan pertunangan, keberadaan sebuah cincin tentu merupakan sebuah hal yang wajib ada. Cincin tidak hanya sebagai bentuk perhiasan yang kita berikan kepada seseorang yang sangat spesial di hati, namun juga merupakan sebuah bentuk tanda ikatan bahwa seseorang sudah mempunyai pasangan hidup ataupun calon pasangan hidup.

Jadi pada dasarnya, cincin tersebut adalah sebagai tanda agar tidak ada orang lain yang mendekati kedua belah pihak (baik laki-laki maupun perempuan) karena keduanya memang telah sepakat untuk segera melangsungkan pernikahan. Karena pentingnya arti sebuah cincin dalam proses tunangan ini, maka akan lebih baik bila pemilihan cincin juga tidak sembarangan. Berikut tips memilih cincin tunangan yang tepat:

Tips Memilih Cincin Tunangan yang Tepat untuk Pasangan Anda

1. Pilih Band yang Tepat

Band adalah bagian cincin yang melingkar di jari. Biasanya terbuat dari emas, perak, atau platinum, walaupun bisa juga terbuat dari kombinasi logam lain. Jika memilih cincin tunangan, penting untuk mengetahui band seperti apa yang terbaik untuk kekasih Anda.

2. Pilih Setting dan Permata yang Tepat

Setting pempengaruhi pada bagian yang mengikat permata, yang menempel pada band. Setting bisa berbentuk "pagar" atau "tidak terlihat". Beberapa cincin mengombinasikan setting platinum dengan band emas sebagai latar warna spesial emas dan kontrasnya, kurangnya warna berlian, dan kekuatan platinum. Setting dengan bezel, atau paling tidak enam pagar, akan lebih aman untuk cincin yang cenderung dipakai dalam aktivitas yang signifikan.

3. Pilih Pengrajin yang Bagus

Carilah toko yang membuat Anda nyaman, yang pegawainya menyenangkan dan sangat membantu, dan saran yang mereka berikan berguna untuk Anda. Pastikan juga untuk mencari tempat yang sesuai dengan anggaran Anda, ini untuk mencegah kekecewaan yang tidak terhindarkan ketika menemukan cincin "sempurna namun mahal". Kalau Anda bisa, cek apakah pengrajin tersebut terdaftar dalam satu perhimpunan, asosiasi, atau organisasi yang mengatur, mengesahkan seorang pengrajin perhiasan, dll. Dan tidak ada salahnya untuk membaca situs ulasan untuk melihat apa yang dikatakan para klien.

4. Pilih Ukuran yang Tepat

Memilih ukuran lingkar band adalah bagian penting dalam memilih cincin pertunangan yang tepat. Satu cara untuk mengetahui ukuran cincin kekasih Anda adalah dengan mencuri salah satu cincin yang sering dipakainya dan bawa ke pengrajin perhiasan untuk diketahui berapa ukurannya, untuk waktu sebentar selama dia tidak menyadarinya. Anda juga bisa menilai dengan mata biasa yang sebenarnya kurang bisa diandalkan. Ukuran cincin rata-rata adalah 7, dan Anda bisa memperkirakan apakah ukuran jari kekasih Anda lebih besar atau lebih kecil dari rata-rata

Tips Memilih Cincin Tunangan yang Tepat untuk Pasangan Anda
Tips Memilih Cincin Tunangan yang Tepat untuk Pasangan Anda

5. Cari Tahu Apa yang Diinginkan

Bila Anda membeli cincin tanpa dia dan merencanakan kejutan, akan lebih sulit untuk memilih karena jelas Anda tidak bisa bertanya padanya. Perlu diingat bahwa di masa sekarang ini, kebanyakan wanita ingin menjadi bagian dari keputusan membeli sebuah cincin, jadi bila Anda merasa sulit mencari tahu model dan seleranya, berikan cincin sementara dan katakan bahwa Anda akan memilih cincin yang sebenarnya berdua.

6. Tetapkan Anggaran Anda

Ada sebuah tradisi bahwa seorang pria harus menghabiskan dua bulan gaji untuk sebuah cincin pertunangan. Apakah Anda akan atau tidak melakukan ini tergantung pada keinginan Anda untuk menuruti tradisi tersebut. Yang terpenting adalah Anda harus memilih cincin yang sesuai dengan kemampuan Anda, jadi ketahui berapa jumlah uang yang bisa Anda keluarkan sebelum mencari. Bila uang tunai Anda kurang tetapi sangat ingin melamar, pastikan Anda bersama dengan wanita yang mengerti itu. Bila Anda sangat ingin melamar dan merasa bahwa dia tidak peduli tentang cincin mahal, Anda bisa membelikannya cincin yang sesuai dengan kemampuan Anda dan pilih sesuatu yang lebih mewah di kemudian hari.

7. Periksa Kepraktisan Cincin

Bila kekasih Anda adalah tipe pecinta alam luar, pertimbangkan cincin yang bisa terlindung dari pemakaian dan kerusakan dari aktivitas konstan. Semakin tinggi posisi permata pada cincin, semakin mudah ia tersangkut pada pakaian, perkakas, rambut, dll, dan semakin besar kemungkinan lepas.

8. Cari Tahu tentang Berlian

Berlian cenderung menjadi pilihan cincin pertunangan tradisional, karena abadi dan cocok dengan apapun. Berlian adalah material paling keras dan itulah kenapa cocok untuk cincin pertunangan berlian solitaire. Berlian tidak kehilangan kilaunya dan tahan terhadap goresan. Cincin pertunangan dan cincin kawin dipakai setiap hari maka orang-orang lebih memilih berlian yang sempurna untuk pemakaian sehari-hari karena sifat-sifat seperti yang telah disebutkan di atas.

Tips Memilih Cincin Tunangan yang Tepat untuk Pasangan Anda

Jika semua tips diatas sudah Anda lakukan, maka pilih dan beli perhiasan tersebut untuk melamar gadis yang Anda suka. Sekian..!!

Semoga Bermanfaat..:)

Sumber: http://id.wikihow.com

Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Cara memilih Model Cincin Pria yang Tepat untuk Pasangan

Artikel / Model Cincin Pria / Tips Memilih Cincin Pria

Tips Memilih Model Liontin Berlian yang Tepat untuk Fashion Anda

Artikel / Tips Memilih Model Liontin / Model Liontin Berlian Terbaru

6 Tips Memilih Cincin Pria untuk Calon Suami Anda

Artikel / Tips Memilih Cincin Pria / Cincin Pria

Cara Memilih Model Cincin Wanita yang Tepat

Artikel / Cara Memilih Model Cincin Wanita / Model Cincin Wanita