6 Tips dan Trik Membersihkan Anting Berlian agar Tampak Bersih dan Berkilau

6 Tips dan Trik Membersihkan Anting Berlian agar Tampak Bersih dan Berkilau

Anting adalah salah satu jenis perhiasan yang sering kita kenakan, anting berlian akan menjadi kusam dan kotor setelah dipakai berkali-kali karena anting menyerap minyak dari kulit dan rambut Anda, sehingga menyebabkan logam menjadi aus dan batu permata kehilangan kilaunya. Untunglah, banyak produk rumah tangga yang dapat digunakan untuk mengembalikan kemilau anting berlian Anda. Untuk kotoran yang membandel, pertimbangkan untuk membawa anting Anda ke tempat membersihkan perhiasan profesional. Namun jika tidak terlalu kotor kita dapat membersihkannya sendiri dirumah dengan mengikuti 6 tips membersihkan anting berikut ini.
6 Tips dan Trik Membersihkan Anting Berlian agar Tampak Bersih dan Berkilau

1. Menggunakan Pembersih (Cleaning Kit) Perhiasan

Cleaning kit merupakan larutan yang berfungsi untuk membersihkan perhiasan termasuk anting berlian. Larutan ini memang dibuat khusus untuk membersihkan anting, karenanya Anda tidak perlu merasa was was produk ini akan merusak perhiasan Anda.

Anda dapat menemukan cairan pembersih ini khusus di toko perhiasan, pameran kerajinan nasional, pusat perbelanjaan, apotek, atau toko serba ada. Lihatlah instruksi di belakang botol untuk memastikan larutan itu aman untuk perhiasan berlian. Cara penggunaannya sangat mudah. Anda cukup menuangkan sedikit larutan ke dalam mangkuk. Rendamlah anting di dalam larutan selama semalam. Bilas anting dengan air hangat, kemudian keringkan dan poles dengan kain bebas serat. Sebaiknya ikuti instruksi yang tertera di belakang botol, jangan mengikuti petunjuk di atas jika memang berbeda.

2. Membersihkan Anting dengan Sabun Cuci Piring

Jika Anda tidak memiliki perlengkapan pembersih perhiasan, Anda dapat membuat larutan sendiri menggunakan berbagai produk pembersih rumah tangga yang berbeda. Anda dapat menggunakan sabun cuci piring biasa untuk membersihkan kotoran dan minyak dari anting berlian.

Caranya yaitu campurkan 1 cangkir air hangat dengan 1 sendok teh sabun cuci piring ringan. Aduk air menggunakan jari tangan sampai bergelembung. Pastikan sabun cuci piring tidak mengandung parfum atau pemutih karena keduanya dapat merusak anting. Rendam anting selama 3-4 menit, sehingga kotoran dan minyak bisa terlepas. Kemudian ambil sikat gigi lembut dan celupkan ke dalam larutan sabun. Sikatlah berlian dengan lembut. Rendamlah anting selama 1-2 menit lagi. Kemudian angkat anting dan taruh di atas serbet kertas. Ambilah semangkuk air bersih dan bilas anting. Jangan membilas anting di bawah keran atau Anda akan menjatuhkannya ke dalam saluran pembuangan.

6 Tips dan Trik Membersihkan Anting Berlian agar Tampak Bersih dan Berkilau
6 Tips dan Trik Membersihkan Anting Berlian agar Tampak Bersih dan Berkilau

3. Cobalah Larutan Pembersih Kaca Seperti Windex

Ada banyak produk rumah tangga yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan anting berlian. Windex juga bisa. Atau, Anda dapat merendam anting di dalam detergen cair yang ringan. Pilihlah detergen yang mengandung natrium lauril eter sulfat. Tekniknya pun sangat mudah, petama tama semprotkan Windex ke sikat gigi. Kemudian, sikat berlian dengan lembut. Lakukan dengan hati-hati, dan gunakan sikat kecil yang lembut. Setelah itu, bilas anting dengan air dan usaplah hingga kering menggunakan kain lembut.

4. Gunakan Ammonia

Kedengarannya amonia terlalu keras, tetapi menggunakan amonia untuk membersihkan anting berlian adalah cara yang paling umum dilakukan. Prosesnya pun sangat mudah, pertama tama campurkan satu bagian amonia dengan enam bagian air panas. Tetapi, jangan gunakan air panas jika ada batu permata lain di dalam setting karena dapat merusaknya. Masukkan anting ke larutan selama 20 menit. Gunakan sarung tangan saat bekerja dengan larutan ini. Selanjutnya, masukkan anting ke mangkuk lain yang berisi air hangat. Tambahkan satu sendok teh sabun cuci piring ke dalam mangkuk. Gosok anting menggunakan sikat gigi berbulu lembut atau sikat perhiasan. Bilas anting dalam air hangat.
6 Tips dan Trik Membersihkan Anting Berlian agar Tampak Bersih dan Berkilau
6 Tips dan Trik Membersihkan Anting Berlian agar Tampak Bersih dan Berkilau

5. Merendam Anting di dalam Air Soda

Berlian dan batu permata lainnya akan tampak lebih cemerlang jika Anda merendamnya di dalam air soda selama semalam. Caranya yaitu Anda cukup penuhi gelas dengan air soda, lalu masukkan berlian atau batu permata lainnya (seperti ruby atau safir) ke gelas. Biarkan semalaman.

Teknik lain yang dapat Anda terapkan untuk membuat berlian Anda lebih berkilau adalah menggunakan tablet pembersih gigi palsu. Masukkan tablet ke secangkir air, kemudian masukkan anting berlian ke cangkir selama beberapa menit. Setelah itu, bilas perhiasan. Bersihkan gumpalan kotoran atau serat kain yang terlihat jelas. Gunakan tusuk gigi dengan hati-hati untuk menyingkirkan gumpalan kotoran di antara kaki-kaki logam yang mengikat berlian di tempatnya. Singkirkan serat kain yang tersangkut di setting menggunakan pinset secara perlahan-lahan.

6. Cobalah vodka

Rendam anting di dalam vodka jika Anda tidak dapat menemukan bahan lain. Tekniknya yaitu isi gelas seloki dengan vodka. Masukkan anting ke gelas dan biarkan terendam selama satu-dua menit. Angkat anting dan bilas dengan air hangat. Keringkan dan poleslah anting dengan kain bebas serat.
6 Tips dan Trik Membersihkan Anting Berlian agar Tampak Bersih dan Berkilau
Sumber: http://id.wikihow.com
Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Tips Membersihkan Perhiasan dengan Sabun dan Amonia

Tips/  Cara Membersihkan Perhiasan Emas/ artikel 

Tips Menjual Perhiasan Berlian Agar Tidak Rugi.

Artikel/ tips menjual perhiasan berlian

Tips Merawat Kalung Emas agar Tetap Berkilau

Artikel / Tips Merawat Kalung Emas

Tips dan Trik Membeli Perhiasan dengan Harga Murah

Artikel / Cara Membeli Perhiasan Harga Murah

Perhiasan Yang Wajib Dimiliki Wanita Agar Tampil Cantik Dan Elegan

Artikel/ Perhiasan Cantik Dan Elegan/ perhiasan wanita