Meskipun emas tidak menghasilkan permukaan kotor atau kusam seperti perak dari waktu ke waktu. Namun emas masih saja mungkin menimbun kotoran dan debu dengan pemakaian normal. Untuk mengembalikan kilau cincin, gelang, kalung dan perhiasan emas berharga lainnya, Anda tidak perlu bingun dan pusing lagi, hanya dengan menggunakan beberapa peralatan rumah tangga dan beberapa bahan lainnya, emas Anda yang kusam akan berubah kinclong lagi. Cukup dengan mengikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkan emas Anda.

Langkah-Langkah Membersihkan Perhiasan Dengan Sabun Cuci Piring

1. Masukkan beberapa tetes sabun cuci piring cair ke dalam mangkuk berisi air hangat (bukan air panas). Campur dengan mengaduk perlahan lahan. Untuk hasil yang lebih baik, Anda dapat menggunakan air soda bebas sodium. Karbonasi yang dihasilkan air soda tersebut dapat membantu menghilangkan debu dan kotoran lebih cepat.

  • Jangan menggunakan air panas atau air mendidih untuk membersihkan emas. Jika perhiasan Anda terbuat dari batu mulia yang rapuh maka perhiasan Anda akan retak dan patah. Contoh batu mulia yang bisa retak jika mengalami perubahan suku yang cepat dan drastis misalnya opal.

2. Rendam perhiasan emas Anda kedalam larutan yang sudah dibuat tersebut sekitar 15 menit. selama perendaman, air sabun yang sudah dibuat tersebut akan bekerja dengan melonggarkan kotaran yang berada di celah celah dan lekukan emas yang sulit terjangkau.


Tips Membersihkan Perhiasan dengan Sabun dan Amonia
Tips Membersihkan Perhiasan dengan Sabun dan Amonia

3. Setelah 15 menit, ambil dan gosok perhiasan dengan sikat gigi berbulu lembut. Gosok setiap bagian dari perhiasan secara menyeluruh khususnya pada bagian sudut dan celah di mana kotoran mungkin tersembunyi.

Gunakan sikat yang sangat lembut, semakin lembut maka semakin baik karena bulu sikat yang kaku dapat menggores permukaan perhiasan Anda. Jika perhiasan yang Anda miliki bukan lapisan emas secara keseluruhan, maka bulu sikat yang sangat kaku tersebut dapat menghilangkan lapisan emas pada perhiasan Anda.

  • Anda bisa menggunakan sikat alis untuk menggosoknya karena sikat ini kecil dan lembut sehingga dapat bekerja dengan baik dan lebih efektif.


4. Bilas perhiasan dengan menggunakan air hangat. Pembilasan yang baik akan membantu menghilangkan sisa-sisa kotoran yang melekan pada perhiasan Anda. Pastikan air yang Anda gunakan tidak panas, terutama jika perhiasan yang Anda miliki rapuh.

  • Jika Anda membilas perhiasan Anda di wastafel, pasang penutup pada saluran pembuangan Anda sehingga jika perhiasan yang Anda miliki tidak sengaja terlepas dan jatuh maka perhiasan Anda akan aman saja.

5. Keringkan perhiasan Anda dengan menggunakan kain lembut. Setelah itu biarkan perhiasan pada handuk agar kering sepenuhnya oleh udara sebelum memakainya lagi. Jika Anda menggunakan perhiasan dalam kondisi basah atau lembab maka perhiasan tersebut bisa menyebabkan iritasi pada kulit Anda.


Tips Membersihkan Perhiasan dengan Sabun dan Amonia
Tips Membersihkan Perhiasan dengan Sabun dan Amonia

Langkah-Langkah Membersihkan Perhiasan Dengan Amonia.

Amonia adalah pembersih yang kuat, namun secara kimia bersifat korosif atau mengikis logam emas. Hindari membersihkan perhiasan emas dengan amonia terlalu sering untuk mencegah keausan pada perhiasan Anda. Amonia adalah bahan yang baik digunakan sesekali untuk “membersihkan secara mendalam", tetapi tidak sering.

Amonia dapat merusak bahan tertentu yang sering digunakan dalam perhiasan. Jangan gunakan amonia saat membersihkan perhiasan emas yang mengandung platinum atau mutiara.

  1. Buat larutan amonia dengan perbandingan amonia : air ( 1 : 6) dalam mangkuk, kemudian aduk perlahan lahan saampai tercampur sempurna.

2. Kemudian rendam perhiasan tersebut kedalam larutan amonia yang sudah dibuat selama kurang lebih satu menit. Jangan biarkan perhiasan terendam terlalu lama karena larutan amonia bersifat sedikit korosif.

3. Segera angkat semua perhiasan Anda sekaligus, gunakan saringan dapur seperti yang Anda gunakan saat memasak pasta. Anda bisa mengambil perhiasan dengan menggunakan saringan bergagang, atau tumpahkan mangkuk ke atas saringan di atas wastafel. Gunakan saringan yang cup halus agar perhiasan tidak lolos.

Tips Membersihkan Perhiasan dengan Sabun dan Amonia
Tips Membersihkan Perhiasan dengan Sabun dan Amonia

4. Setelah itu bilas perhiasan dengan menggunakan air mengalir. Tutup lubang pembuangan pada wastafel untuk mencegah perhiasan hanyut terbawa air buangan dan hilang. Atau cukup gunakan saringan yang tadi Anda gunakan untuk mengambil perhiasan dari rendaman amonia.

5. Gunakan kain lembut untuk mengeringkan perhiasan Anda. Biarkan perhiasan kering sepenuhnya dengan udara sebelum Anda memakainya kembali.

Demikian Tips cara membersihkan perhiasan emas dengan menggunakan sabun cuci piring dan amonia, selamat mencoba...:)

Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Tips Mudah Membersihkan Perhiasan Emas Putih

artikel/ Tips Mudah Membersihkan Perhiasan Emas Putih. 

Tips dan Trik Membeli Perhiasan dengan Harga Murah

Artikel / Cara Membeli Perhiasan Harga Murah

Tips Tampil Stylish Dengan Perhiasan Geometris

Tips Stylish / Perhiasan Geometris

Tips Membersihkan Perhiasan sesuai Jenisnya

Tips Membersihkan Perhiasan sesuai Jenisnya / Tips dan Trik

Cara Memadu Padankan Perhiasan dengan Aksesoris Wanita Lainnya

Artikel / Tips Memaduukan Perhiasan dengan Aksesoris Wanita Lainnya