Mengenakan cincin kawin sebagai sebuah tanda bagi seseorang yang sudah menikah, dengan menggunakan ini berarti mereka telah menunjukan bahwa dirinya sudah memiliki rumah tangga. Cincin ini merupakan sebuah simbol pengikat dua insan yang saling mencintai sejak hari akad nikah ataupun tunangan, baik pria maupun wanita akan selalu menggunakan cincin ini setiap saat, kecuali untuk beberapa kondisi tertentu seperti pada saat bekerja atau mandi.

Biasanya seorang wanita akan selalu menggunakan cincin kawin setiap saat, namun tidak dengan seorang pria yang kadang ada rasa malas jika harus menggunakan cincin kawin setiap saat. Bagi seorang wanita tentu saja hal ini terasa sangat menjengkelkan, namun ada saja alasan yang digunakan untuk berkilah.

Jangankan pasangnnya, orang lainpun kadang terbesit sebuah pertanyaan kenapa pria tersebut tidak menggunakan cincin kawinnya. Ada yang langsung berani bertanya dan ada yang Cuma diam sambil memperhatikan. Ada beberapa alasan yang membuat seorang pria enggan menggunakan cincin kawinnya, dan berikut beberapa alasan itu.

Alasan Pria Jarang Menggunakan Cincin Kawin Setelah Menikah

1. Kelupaan

Salah satu alasan kenapa seorang pria tidak menggunakan cincin kawin adalah karena pria tersebut kelupaan untuk menggunakannya. Jadi jika suami kamu suatu saat nanti tidak menggunakan cincin yang sama seperti yang kamu gunakan, jangan berfikir yang aneh-aneh ya, bisa saja hal tersebut karena lupa.

Kamu juga tidak perlu terlalu meributkan hal ini, meskipun ia lupa menggunakan cincin kawin, namun ia tidak lupa kalo dirinya sudah menikah kok. Rata-rata seorang pria yang sudah menikah selalu sadar bahwa ketika mereka sudah menikah, maka separuh dari hidupnya akan digunakan untuk kepentingan rumah tangga. Ada banyak sekali hal yang mereka fikirkan demi kelancaran dalam berumah tangga, jadi wajarkan kalo dirinya lupa, tugas anda sebagai seorang istri adalah mengingatkan dengan baik.

2. Tidak Ingin Narsis atau Menujukan

Alasan lainnya yaitu pria tersebut tidak ingin narsis dihadapan teman-temanya yang sudah mengetahui ia menikah dengan mengunakan cincin kawin. Apalagi jika sedang menghadiri sebuah acara yang didalamnya masih banyak teman yang belum menikah, untuk tetap menjaga perasaan orang disekitarnya, biasanya mereka menyimpan terlebih dahulu cincin nikah yang mereka miliki.

Toh orang disekitarnya tahu bahwa dirinya sudah menikah, jadi ia berfikir tidak perlulah metutkan diri dihadapan teman-temanya untuk menggunakan cincin kawin tersebut. Ini bukanlah sebuah sikap tidak peduli terhadap pernikahan, toh belum tentu seorang pria yang selalu menggunakan cincin kawin setiap saat akan selalu menjaga pernikahanyya bukan? Yang terpenting adalah komitmen yang selama ini sudah mereka buktikan kepadamu.

Alasan Pria Jarang Menggunakan Cincin Kawin Setelah Menikah
Alasan Pria Jarang Menggunakan Cincin Kawin Setelah Menikah

3. Sering Membuat Jengkel Jika Digunakan

Karena hampir sebagian pria menyukai kepraktisan, penggunaan cincin kawin yang akan membuatnya menjadi lebih ribet tentu saja terasa sangat menjengkelkan. Bagi seorang pria, dalam kondisi tertentu menggunakan cincin kawin memang sangat menjengkelkan.

Apa lagi untuk sebuah cincin yang memiliki hiasan detail rumit dan menonjol, tentu saja hiasan-hiasan tersebut kadang menyangkut di kaos atau syal pada saat digunakan. Demi kenyamanan dalam beraktivitas, akhirnya mereka harus merelakan cincin tersebut disimpan saja.

4. Beranggapan Hanyalah Sebuah Cincin

Pada saat awal pernikahan mungkin seorang pria sama seperti wanita yang akan berpendapat cincin kawin adalah benda berharga yang harus selalu dikagumi setiap bagiannya. Namun dengan seiring berjannya waktu, perlahan anggapan tersebut akan memudar, cincin hanyalah sebuah cincin, pandangan kitalah yang membuatnnya terasa spisial.

Pada akhirnya ia sadar cincin bukanlah satu-satunya hal yang dibutuhkan istrinya, ada hal lain yang harus selalu diperjuangkan demi membahagiakannya.

Alasan Pria Jarang Menggunakan Cincin Kawin Setelah Menikah
Alasan Pria Jarang Menggunakan Cincin Kawin Setelah Menikah

5. Bentuknya yang Dianggap Membahayakan

Wanita mana yang tidak menginginkan perhiasan unik dan beda dari yang lainnya? Perhiasan cincin seperti ini biasanya akan memiliki detail yang sangat rumit dan menonjol pada bagan sana-sini. Hal ini memang terlihat istimewa, namun tahukah kamu bahwa seorang pria biasanya akan menganggap model cincin kawin seperti ini terlalu berbahaya.

Hal ini yang membuat beberapa pria enggan untuk menggunakan cincin kawin. Ia adalah makluk yang selalu berfikir menggunakan logika, memngabaikan keselamatan hanya demi menggunakan cincin setiap saat tentu adalah hal yang sangat naif untuk dilakukan.

Pada akhirnya hal ini sebenarnya dilakukan untuk kamu juga kok. Seorang pria biasanya ceroboh, dirinya tidak ingin ketika memegang tangan atau memelukmu nanti akan melupai karena sifatnya yang ceroboh itu.

6. Barang Mahal

Alasan lainnya yang membuat pria enggan mengunakan cincin kawin karena ini adalah salah satu barang yang cukup mahal, akan sangat sayang jika digunakan setiap hari yang pada akhirnya akan berujung pada rusak atau hilang.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya, dan bagaimanapun antisipasi jauh lebih baik dari pada menyesal.

Alasan Pria Jarang Menggunakan Cincin Kawin Setelah Menikah

Nah itulah beberapa alasan yang biasa digunakan oleh seorang pria ketika tidak mengunakan cincin kawin. Meskipun banyak orang yang menganggap cincin pernikahan sebagai sebuah simbol yang akan menyatukan dua hati menjadi satu, namun cincin bukanlah penentu yang akan membuat hubungan rumah tanggamu tetap sehat.

Sumber: https://vncodiamond.com

Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Alasan Mengapa Cincin Kawin Dipakai di Jari Manis Sebelah Kiri

Artikel / Alasan Cincin Kawin Digunakan Dijari Manis

Tips Memilih Cincin Kawin Berdasarkan Sifat Wanita

Artikel / 7 Jenis Cincin Kawin Berdasarkan Sifat Wanita

Makna Sepasang Cincin Kawin dalam Sebuah Pernikahan

Artikel / Makna Cincin kawin / Arti Cincin Kawin