Aksesoris yang dapat dikenakan oleh segala macam usia dan gender ini adalah salah satu pelengkap fashion yang mampu menyempurnakan setiap penampilan. Perhiasan dapat memberikan kesan elegan sekaligus eksklusif. Namun, seperti benda lain, perhiasan juga memiliki masalah yang sering dialami oleh pemakainya.

Berikut ini kami bagikan beberapa panduan singkat mengenai solusi permasalahan perhiasan tersebut.

Mengatasi cincin bengkok

Cincin yang digunakan dalam waktu yang lama akan rawan terhadap beragam masalah, salah satunya adalah pembengkokan cincin. Masalah ini biasanya terjadi secara bertahap. Apabila tingkat pembengkokannya belum terlalu parah, Anda bisa memperbaikinya menggunakan tongkat khusus yang biasa digunakan untuk mengubah ukuran cincin. Namun, jika kerusakannya sudah parah, Anda dapat memperbaharui kerangka cincin tersebut. Servis ini melibatkan proses pemotongan bagian cincin dan diganti dengan logam sehingga tergolong mahal.
Panduan Singkat Mengatasi Masalah Perhiasan

Mengatasi rantai kalung kusut

Peletakan rantai kalung yang kurang tepat dapat memicu kerusakan atau kusut. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan bedak tabur bayi. Taburkan pada kalung dan uraikan secara perlahan.
Panduan Singkat Mengatasi Masalah Perhiasan

Mengatasi batu berlian longgar

Batu berlian sebagai ‘mata’ perhiasan seringkali mengalami kelonggaran hingga bahkan hilang. Padahal harga berlian jauh lebih mahal daripada emas. Umumnya batu berlian dapat lepas karena terbentur benda keras. Apabila batu berlian cincin Anda terlihat longgar, Anda dapat memperbaikinya di toko perhiasan. Sementara untuk pencegahannya, Anda dapat melepas perhiasan Anda saat tidak diperlukan.

Mengatasi perhiasan kusam

Perhiasan yang sering digunakan akan cenderung memudar warnanya. Namun Anda tak perlu risau, saat ini tersedia beragam jenis produk pembersih perhiasan baik emas, berlian, ataupun batu permata lainnya. Beberapa cara sederhana juga dapat Anda pakai untuk mengatasi perhiasan kusam.

Emas yang berubah warna

Lambat laun warna perhiasan emas putih akan memudar dan memperlihatkan lapisan emas kuningnya. Karena lapisan rhodium tidak bersifat awet. Oleh karena itu Anda harus melapisi emas putih Anda dengan lapisan rhodium secara berkala agar kilaunya tetap sempurna.

Mengatasi berlian retak

Berlian memiliki skala kekerasan Mohs tertinggi dibandingkan dengan batu permata lainnya. Namun tidak dapat dipungkiri tanpa sengaja berlian dapat mengalami keretakan. Sehingga Anda perlu memperhatikan perhiasan yang Anda beli, pastikan bahwa bentuk garis pada perhiasan berlian Anda bukan merupakan calon retakan atau kerusakan. Namun apabila berlian Anda retak, Anda dapat melakukan proses recutting.
Panduan Singkat Mengatasi Masalah Perhiasan

Mengatasi alergi pada perhiasan

Alergi pada perhiasan dapat dialami oleh beberapa orang karena jenis kulit yang lebih sensitif pada logam tertentu. Apabila Anda dapat mengetahui penyebab alergi tersebut Anda dapat mengatasi alergi dengan lebih mudah. Contohnya apabila Anda alergi terhadap paladium, Anda dapat memilih jenis logam lain dan lain sebagainya.

Mengatasi noda hijau pada kulit

Logam emas dapat bereaksi terhadap keasaman kulit seseorang. Kadar asam tersebut akan menyebabkan logam tembaga berwarna hijau dan membuat kulit berwarna hijau. Anda dapat mencegahnya dengan mengetahui kadar perhiasan yang Anda gunakan, menghindari keringat berlebihan, melapisi perhiasan dengan logam rhodium, rutin membersihkan perhiasan, atau memilih jenis logam lain untuk perhiasan Anda.

Mengatasi perhiasan perak yang menghitam

Kombinasi logam perak dan tembaga sebagai bahan perhiasan dapat menimbulkan noda kehitaman pada perhiasan tersebut. Anda perlu melakukan perawatan dengan menempatkan perhiasan pada tempat yang sejuk dan kering serta menghindarkan dari gesekan dengan perhiasan lain.
Panduan Singkat Mengatasi Masalah Perhiasan

Mengatasi perhiasan tergores

Emas dan perak merupakan jenis perhiasan dengan logam yang bersifat lunak sehingga mudah tergores. Jika goresan masih tergolong ringan Anda dapat membeli kain pemoles perhiasan di toko tertentu atau memoles di toko perhiasan.
Demikian panduan singkat bagi Anda terkait permasalahan perhiasan. Semoga dapat membantu. Apabila Anda ingin berbelanja perhiasan berlian berkualitas, Anda dapat menermukannya di Logam Mulia. Toko Logam Mulia menghadirkan beragam jenis perhiasan berlian untuk acara pernikahan, tunangan ataupun kado untuk orang yang Anda sayangi.



Sumber: orori.com
Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Tips Mengatasi Alergi Saat Mengenakan Perhiasan

Artikel / Alergi Emas / Mengatasi Alergi Perhiasan

Panduan Penting dalam Memilih dan Membeli Perhiasan Berlian

Artikel / Panduan Dalam Memilih Perhiasan /  Cara Memilih Perhiasan Berlian

Mengapa Harus Perhiasan Berlian

Artikel / Manfaat Perhiasan Berlian

Tips Menggabungkan Perhiasan Gelang

Tips / Menggabunkan Perhiasan Gelang

Memoles Perhiasan Emas Putih

Cara / Mencuci Emas Putih