Wanita mana sih yang tidak ingin tampil cantik dan menarik dalam setiap kegiatan? Pasti semuanya menginginkan hal tersebut dan salah satu cara untuk merealisasikannya yaitu dengan mengunakan berbagai macam aksesoris perhiasan dimulai dari jam tangan, gelang, anting, cincin, sampai dengan perhiasan kalung.

Namun karena kurangnya perhatian terhadap perhiasan yang mereka gunakan, kadang penggunaan aksesoris perhiasan ini justru menimbulkan masalah baru, salah satunya terjadinya alergi pada kulit, dan penggunaan perhiasan kalung adalah penyumbang angka cukup tingi untuk masalah alergi pada kulit.

Ada banyak sekali jenis perhiasan jika kita tinjau dari bahan pembuatnya dimulai dari emas, perak, stainless steel, sampai dengan besi. Dan umumnya perhiasan yang menyebabkan alergi terhadap kulit adalah jenis aksesoris yang terbuat dari stainless steel dan besi. Alergi kulit ini terjadi karena dalam perhiasan yang terbuat dari besi dan stainless steel turut serta menggunakan bahan nikel sebagai campuran, dan logam nikel inilah yang menyebabkan terjadinya alergi pada tubuh Anda saat mengenakan perhiasan.

Tips Mengatasi Alergi Saat Mengenakan Perhiasan

Dibandingkan dengan seorang pria, wanita biasanya cenderung lebih sering mudah terkena alergi pada kulit. Hal ini karena kulit seorang wanita jauh lebih sensitif dari pada seorang pria. Kondisi ini biasanya bisa kita lihat dari adanya bekas merah yang terjadi pada area leher dan kadang terasa gatal. Pada kondisi seperti ini, jangan pernah menggaruk pada area yang gatal karena dapat menyebabkan terjadinya masalah yang lebih serius dimulai dari luka sampai koreng.

Pengunaan perhiasan seperti anting, gelang dan kalung yang dapat menimbulkan alergi ini juga tidak terjadi begitu saja, meskipun saat ini anda menggunakan perhiasan yang memiliki kandungan logam nikel, namun jika beberapa pemicu yang dapat menjadikan alergi bisa dihindari juga tidak akan terjadi apa-apa. Dari sekian banyak hal yang dapat memicu terjadinya alergi, keringat adalah pemicu yang paling umum dan sangat sulit untuk dihindari.

Penyebab Terjadinya Alergi Saat Mengenakan Perhiasan

Seperti yang kita ketahui bahwa cairan keringat yang dihasilkan oleh tubuh kita mengandung kadar garam, jika bersentuhan dengan logam yang memiliki kandungan dengan besi maka akan menjadikannya berkarat. Logam berkarat inilah yang dapat memicu terjadinya alergi pada kulit anda. Untuk campurnya cairan keringat terhadap kulit ini sebenarnya dapat kita hindari dengan mudah yaitu dengan mengunakan perhiasan pada saat dalam ruangan ber AC dan melepasnya ketika akan keluar ruangan. Cara seperti ini juga tidak selamanya akan berhasil karena logam seperti besi akan bereaksi jika berada pada ruangan lembab udara.

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa keringat bukanlah salah satu pemicu terjadinya alergi pada penggunaan perhiasan, selain itu ada beberapa hal lain dimulai dari pengunaan handbody, sampho, sabun, dan beberapa produk kosmetik lainnya. Zat yang terkandung dalam kosmetik ini akan mampu membuat logam besi berkarat sehingga pada akhirnya mengakibatkan alergi pada kulit.

Jadi sebaiknya hindari membeli perhiasan baik itu kalung, gelang, atau aksesoris lainnya yang didalamnya terdapat bahan nikel atau campuran lain yan bisa menimbulkan alergi. Lalau bagaimana jika kita sudah terlanjur membeli perhiasan kalung atau perhiasan lain yang mampu menimbulkan alergi? Jangan kuatir, beberapa tips berikut ini mungkin bisa anda gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Tips Mengatasi Alergi Saat Mengenakan Perhiasan
Tips Mengatasi Alergi Saat Mengenakan Perhiasan

Tips Mengatasi Alergi Saat Menggunakan Perhiasan

Menggunakan Cat Kuku Transparan

Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasi terjadinya alergi pada pengguanaan perhiasan yaitu dengan melapisi permukaan perhiasan tersebut dengan menggunakan cat kuku transparant. Dengan demikian permukaan perhiasan tidak akan bersentuhan langsung dengan kulit maupun hal lain yang mampu menimbulkan karat.

Namun sebelum menerapkan tips berikut ini, anda bisa men-sterilkan terlebih dahulu perhiasan anda mengunakan cairan alkohol. Setelah itu lapisi bagian kalung menggunakan cat kuku transparan untuk mempertahankan tampilannya dan menghindari kalung bersentuhan langsung dengan kulit.

Melakukan Repolish

Jika cara diatas kurang efekitf untuk mengatasi masalah tersebut, maka kita bisa melakukan penyepuhan perhiasan kita dengan menggunakan bahan yang lebih aman dengan kulit seperti platinum maupun emas. Agar perhiasan seperti gelang dan kalung yang anda miliki keamanannya maksimal, anda juga bisa menggunakan kortikosteroid sebagai lapisan akhirnya.

Demikian tips yang dapat kami sajikan untuk Anda, alternatif lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan tidak menggunakan perhiasan tersebut secara terus menerus, gunakan pada saat hari hari penting saja. Jika kedua cara tersebut tidak mampu mengatasi terjadinya alergi pada kulit, sebaiknya jangan gunakan perhiasan tersebut untuk menghindari terjadinya alergi yang jauh lebih parah.


Sumber: https://vncodiamond.com
Tips Mengatasi Alergi Saat Mengenakan Perhiasan

Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Tips Cantik Mengenakan Perhiasan Saat Lebaran

Tips dan Trik / Tips Cantik Mengenakan Perhiasan Saat Lebaran

Tips Mengenakan Perhiasan di Hari Pernikahan

Tips Mengenakan Perhiasan di Hari Pernikahan / Tips dan Trik

Tips Menggabungkan Perhiasan Gelang

Tips / Menggabunkan Perhiasan Gelang

Tips Membersihkan Perhiasan sesuai Jenisnya

Tips Membersihkan Perhiasan sesuai Jenisnya / Tips dan Trik