Sedang mempertimbangkan untuk investasi emas? Emas memang telah menjadi salah satu pilihan investasi yang paling digemari di dunia. Emas mempunyai tiga macam warna yang umum yaitu emas putih, emas kuning dan emas rose gold. Masing-masing jenis emas tersebut, baik emas kuning, emas putih ataupun emas rose gold telah memiliki penggemarnya masing-masing.

Namun, untuk tujuan investasi manakah yang perlu dipertimbangkan untuk menjadi asset? Berikut merupakan beberapa ulasan singkat mengenai hal yang perlu diperhatikan saat akan melakukan investasi emas.

Harga Emas
Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi emas, Anda harus mengetahui harga emas terkini agar dapat menyediakan dana yang sesuai dengan kebutuhan investasi Anda. Dibandingkan dengan emas kuning, emas putih memiliki harga beli yang cenderung lebih mahal. Namun untuk tujuan investasi jangka panjang, nilai purna jual emas kuning justru cenderung lebih baik daripada emas putih. Hal tersebut dikarenakan lapisan rhodium pada emas putih memerlukan perawatan berkala agar kilaunya tidak pudar. Sehingga bagi Anda yang memiliki tujuan investasi emas jangka panjang, disarankan untuk memilih emas kuning.

Memilih Jenis Emas
Pemilihan jenis emas juga berpengaruh terhadap investasi yang Anda pilih. Apabila Anda berniat untuk berinvestasi sepenuhnya, Anda dapat melakukan investasi emas batangan atau logam mulia yang sudah bersertifikat. Namun, jika Anda memilih berinvestasi emas perhiasan, harga jual emas tersebut biasanya akan dipangkas paling sedikit 10% dari harga awal. Namun, ditinjau dari segi kelebihan, investasi emas perhiasan dapat digunakan untuk mempercantik penampilan. Perhiasan emas kuning akan memberikan kesan klasik dan elegan. Sedangkan perhiasan dari emas putih akan memberikan kesan modern pada pemakainya. Selain itu, perhiasan emas juga dapat Anda jadikan warisan bagi keturunan sebagai lambang kasih.

Keresmian Emas
Saat berinvestasi emas, Anda harus memastikan keaslian atau keresmian emas Anda agar tidak merugi. Anda dapat mengecek keaslian emas dengan cara melihat surat-surat resmi yang telah memiliki sertifikat. Di Indonesia, surat resmi tersebut dikeluarkan oleh PT Aneka Tambang (Antam) dalam bentuk sertifikat standar internasional yang juga diakui oleh London Bullian Market Association (LBMA).

Kondisi Fisik Emas
Kondisi fisik dari emas penting untuk diperhatikan dalam investasi emas. Secara visual, kita dapat melihat emas asli melalui cap yang menandakan kadar emas, seperti menunjukkan kadar fineness (1-999 atau 9.999) atau karatnya (10K, 14K, 18K, 22K, atau 24K). Untuk jenis emas perhiasan, sebaiknya Anda memilih emas dengan kadar 75 persen dan 18-22 karat. Karena emas dengan kombinasi tersebut merupakan yang terbaik untuk dapat mempertahankan bentuk perhiasan dalam jangka waktu lama. Selain itu, Anda dapat pula mengandalkan aksen-aksen pada perhiasan emas berupa permata atau berlian. Hal ini dikarenakan perhiasan berlian tersebut memiliki keunikan yang dapat meningkatkan nilai investasinya walaupun dalam kurun waktu yang lama.

Demikian ulasan singkat mengenai hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menentukan jenis investasi emas yang Anda pilih. Semoga dapat bermanfaat.



Sumber: https://glitzmedia.co
Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Kesalahan yang Sering Dilakukan pada Saat Berinvestasi Emas

Artikel / Kesalahan Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Hal Yang Perlu Jadi Bahan Pertimbangan Sebelum Membeli Emas

Artikel / Hal Yang Perlu Jadi Pertimbangan Saat Membeli Emas

Jeli Sebelum Membeli, Hal Penting yang Perlu diperhatikan Pada Toko Emas Online

Artikel / Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Belanja di Toko Emas Online

Panduan Praktis Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Artikel / Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula