Pertunangan menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan masyarakat untuk mengikat pasangan sebelum menikah. Di Indonesia sendiri ada dua cara berbeda. Ada pasangan yang sama-sama menyematkan cincin tunangan saat acara lamaran atau tukar cincin yang disaksikan oleh masing-masing keluarga. Ada pula cincin tunangan yang hanya dikenakan oleh wanita saja. Cincin pertunangan menjadi sebuah symbol yang menunjukkan komitmen untuk tetap bersama-sama hingga hari pernikahan dan untuk menunjukkan bahwa dirinya tak lama lagi akan menikah.

Cincin pertunangan umumnya digunakan setiap hari. Padahal, pada beberapa kegiatan sebaiknya cincin tunangan sebaiknya dilepaskan karena bisa menyebabkan hilangnya cincin atau batu permata pada cincin. Berikut ini beberapa cara untuk menajaga cincin pertunangan agar tetap berkilau dengan indah:

Olahraga

Ketika Anda melakukan olahraga apapun, pastikan untuk melepas cincin tunangan terlebih dahulu. Karena gesekan yang terjadi pada cincin akan mengurangi kilau pada cincin atau bahkan dapat menghilangkan batu permata pada cincin.

Penggunaan Lotion

Menggunakan lotion pada saat sedang menggunakan cincin akan mempengaruhi keindahan cincin tunangan. Pasalnya lotion yang terkena cincin (batu berlian) akan membuat berlian terlihat kusam dan tidak berkilau lagi. Jadi, jangan lupa untuk melepas cincin tunangan terlebih dahulu sebelum menggunakan lotion.

Bersih-Bersih

Saat melakukan pekerjaan rumah, sebaiknya lepaskan cincin tunangan berlian Anda terlebih dahulu. Karena cincin akan terbentur-bentur dengan barang-barang yang Anda pegang. Benturan yang terjadi bisa saja akan menghilangkan batu berlian pada cincin. Sehingga, untuk mencegah itu terjadi pastikan Anda melepas cincin terlebih dahulu sebelum mulai bersih-bersih rumah.

Berenang

Tahukah Anda bahwa klorin yang terkandung pada air kolam renang membuat rhodium pada emas putih cincin tunangan Anda memudar atau cepat berubah warna menjadi kekuningan. Selain itu, jika Anda terlalu lama berenang, tangan bisa menyusut dan dapat menyebabkan cincin terlepas dari jari tangan Anda. Untuk mencgah hal itu terjadi, sebaiknya Anda lepas terlebih dahulu cincin tunangan sebelum melakukan kegiatan renang.

Itulah beberapa cara untuk menjaga cincin tunangan agar tetap berkilau. Tentunya Anda tidak ingin cincin tunangan berharga Anda kehilangan kilaunya, bukan?



Sumber: tokoperhiasan.co.id

Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Tips Merawat Kalung Emas agar Tetap Berkilau

Artikel / Tips Merawat Kalung Emas

Cara Merawat Perhiasan Berlian Secara Berkala Agar Lebih Awet

Cara Merawat Perhiasan / Perhiasan / Emas

Cara Memilih Cincin Tunangan Berdasarkan Zodiak

Artikel / Cincin Tunangan Berdasarkan Zodiak

Cara Memilih Model Cincin Wanita yang Tepat

Artikel / Cara Memilih Model Cincin Wanita / Model Cincin Wanita

4 Cara Merawat Batu Permata untuk Menjaga Kualitasnya

Artikel / Cara Merawat Batu Permata / Batu Permata