Cara Merawat Perhiasan Batu Ruby Agar Tetap Berkilau
Cara Merawat Perhiasan Batu Ruby agar Tetap Berkilau

Cara Merawat Perhiasan Batu Ruby agar Tetap Berkilau

Senin, 08 Jul 2024
Batu ruby dengan warna merah yang memikat dan keindahannya yang abadi, telah lama dihargai sebagai salah satu batu permata paling berharga. Agar perhiasan batu ruby Anda tetap berkilau dan mempesona seiring waktu, perawatan yang tepat sangatlah penting. Dalam artikel ini, Logam Mulia akan membahas berbagai cara merawat perhiasan batu ruby Anda agar selalu tampak cantik dan bersinar.

Memahami Karakteristik Batu Ruby

Sebelum kita membahas cara perawatannya, penting untuk memahami beberapa karakteristik dasar dari batu ruby:
  • Kekerasan: Ruby adalah salah satu batu permata yang paling keras dengan nilai 9 pada skala Mohs, hanya kalah oleh berlian. Ini membuatnya cukup tahan terhadap goresan dan keausan sehari-hari.
  • Kejernihan: Sebagian besar batu ruby memiliki inklusi alami. Inklusi ini tidak hanya dianggap normal tetapi juga dapat meningkatkan keindahan batu dengan memberikan karakter unik.
  • Warna: Ruby terbaik memiliki warna merah darah merpati. Warna yang terlalu gelap atau terlalu terang dapat mempengaruhi nilai dan penampilannya.

Membersihkan Perhiasan Ruby dengan Benar

Membersihkan perhiasan batu ruby secara teratur adalah langkah pertama untuk menjaga kilau dan keindahannya. Berikut adalah beberapa langkah untuk membersihkan ruby dengan benar:
  • Menggunakan Sabun Cair dan Air Hangat
Siapkan larutan pembersih dengan mencampurkan sedikit sabun cair lembut dengan air hangat. Hindari penggunaan sabun yang mengandung bahan kimia keras atau abrasif. Rendam perhiasan ruby dalam larutan tersebut selama 10-15 menit. Ini akan membantu melonggarkan kotoran dan minyak yang menempel.

Gunakan sikat gigi dengan bulu lembut untuk menggosok perlahan perhiasan, terutama di area yang sulit dijangkau. Hindari menggosok terlalu keras agar tidak merusak permukaan batu. Bilas perhiasan dengan air hangat bersih dan keringkan dengan kain lembut yang tidak berbulu.
  • Menggunakan Cairan Pembersih Perhiasan
Ada banyak cairan pembersih perhiasan khusus yang aman untuk digunakan pada batu ruby. Pastikan untuk membaca label dan mengikuti petunjuk penggunaan dengan cermat.

Penyimpanan yang Tepat

Cara Anda menyimpan perhiasan batu ruby juga mempengaruhi kilau dan keindahannya. Berikut adalah beberapa tips untuk penyimpanan yang tepat:
  • Gunakan Kotak Perhiasan
Simpan perhiasan ruby Anda dalam kotak perhiasan yang empuk untuk melindunginya dari goresan dan benturan. Jika memungkinkan, gunakan kotak yang memiliki kompartemen terpisah untuk setiap perhiasan.
  • Bungkus dengan Kain Lembut
Jika Anda tidak memiliki kotak perhiasan, bungkus perhiasan ruby dengan kain lembut sebelum menyimpannya dalam laci atau tempat penyimpanan lainnya. Ini akan membantu melindunginya dari kerusakan dan debu.
  • Hindari Kontak dengan Perhiasan Lain
Jangan menyimpan perhiasan ruby bersama dengan perhiasan lain yang bisa menggoresnya. Meski ruby cukup keras, kontak dengan batu permata atau logam lain bisa menyebabkan goresan.

Menghindari Paparan Bahan Kimia

Bahan kimia dapat merusak permukaan dan kilau batu ruby. Berikut adalah beberapa bahan kimia yang harus dihindari:
  • Produk Pembersih: Hindari kontak langsung dengan produk pembersih rumah tangga yang mengandung bahan kimia keras seperti amonia, klorin, atau pemutih.
  • Produk Kecantikan: Sebelum menggunakan produk kecantikan seperti parfum, hairspray, atau lotion, lepaskan perhiasan ruby Anda. Bahan kimia dalam produk ini bisa menumpuk di permukaan batu dan mengurangi kilauannya.
  • Kolam Renang dan Spa: Jangan memakai perhiasan ruby saat berenang di kolam renang atau spa yang mengandung klorin atau bahan kimia lainnya.

Perawatan Profesional

Selain perawatan rutin di rumah, membawa perhiasan ruby Anda ke profesional untuk pemeriksaan dan perawatan berkala juga sangat penting. Berikut adalah beberapa layanan yang biasanya disediakan oleh profesional perhiasan:
  • Pemeriksaan dan Pembersihan
Profesional perhiasan dapat memeriksa perhiasan ruby Anda untuk memastikan tidak ada kerusakan atau batu yang longgar. Mereka juga dapat membersihkan perhiasan dengan teknik khusus yang tidak dapat dilakukan di rumah.
  • Polishing
Jika perhiasan ruby Anda mulai kehilangan kilau, profesional dapat melakukan proses polishing untuk mengembalikan kilau aslinya. Ini terutama penting untuk perhiasan yang sering dipakai.
  • Perbaikan
Jika ada kerusakan pada perhiasan, seperti pengaturan batu yang longgar atau logam yang tergores, profesional perhiasan dapat melakukan perbaikan untuk mengembalikan kondisi perhiasan seperti semula.

Pendapat Penulis

Merawat perhiasan batu ruby agar tetap berkilau memerlukan perhatian terhadap detail dan komitmen untuk perawatan rutin. Dengan membersihkan perhiasan secara teratur, menyimpannya dengan benar, menghindari bahan kimia, mendapatkan perawatan profesional, dan memakainya dengan bijak, Anda dapat memastikan bahwa perhiasan ruby Anda akan selalu tampak indah dan mempesona. Edukasi diri Anda tentang perawatan perhiasan juga sangat penting untuk menjaga investasi berharga Anda ini tetap bersinar sepanjang waktu.

Jika Anda sedang mencari perhiasan batu ruby asli berkualitas, maka Logam Jewelry adalah pilihan yang tepat. Logam Jewelry merupakan toko perhiasan yang menyediakan berbagai macam perhiasan dengan harga rasional, mulai dari emas kuning, emas putih, berlian, dan batu permata. Perhiasan yang disediakan seperti cincin, liontin, gelang, kalung, dan anting-anting.

Toko Perhiasan Berlian Malang

Logam Mulia menyediakan aneka koleksi perhiasan berlian terbaru dan terlengkap, mulai dari cincin berlian, kalung berlian, anting berlian, gelang berlian, hingga cincin kawin berlian. Lihat koleksi perhiasan berlian pilihan kami melalui link di bawah ini dan kunjungi toko kami di Matos dan MOG Malang.

Pertunangan menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan masyarak...

Kalung emas merupakan perhiasan yang mempunyai nilai ekonomi...

Perhiasan akan lebih terlihat indah dan menarik apabila dira...

Bagaimana cara merawat batu Ruby? Pertanyaan itu mungkin per...

Jika kita memiliki perhiasan dengan batu permata, maka ada b...

Cincin Berlian Pencarian Populer
Captcha image
Show another codeUbah Kode Verifikasi
Send Message