Kilauan pada perhiasan berlian yang indah membuat siapapun akan terpukau. Dan hampir semua wanita menginginkan untuk memiliki perhiasan yang satu ini meskipun harga perhiasan berlian terbilang mahal.

Coba dibayangkan, perhiasan berlian dengan berat 1,5 karat bisa dijual hingga mencapai kurang lebih Rp 290 juta. Namun, dengan harga tersebut sangatlah sebanding dengan history dan cara pengerjaan sebuah perhiasan berlian.

Devi Chayadi, GG, AJP, pakar berlian PT. CMK, menjelaskan bahwa “berlian bukan hanya ada satu jenis saja. Melainkan ada berbagai variasi dengan manfaat yang berbeda. Awalnya, berlian ini berasal dari negara India, sayang belum populer.”

Namun, pada tahun 1400 batu permata ini mulai masuk ke Eropa dan dijadikan sebagai aksesoris oleh masyarakat Eropa. Setelah tahun 1700 berlian mulai dicari oleh banyak orang. Setelah itu, pada tahun 1800 ditemukanlah berlian Star of South Africa, inilah yang membuat berlian semakin populer dan orang-orang pun berlomba-lomba memiliki sahamnya.

"Dari Star of South Africa, mulailah berlian dibuat menjadi perhiasan seperti kalung, gelang, atau anting. Akhirnya banyak orang penasaran, seperti orang-orang dari Inggris langsung pergi ke Africa, untuk membeli patok. Bahkan, dulu prosesnya masih tradisional. Bukan seperti saat ini yang menggali tambang.

Lalu mengapa berlian memiliki nilai jual yang tinggi? Devi menjelaskan, berlian ialah mineral alami yang tidak dimiliki batu-batuan lainnya di muka bumi. Ada tiga kekuatan yang dimiliki berlian seperti kuat terhadap goresan, benturan, dan bisa di pakai dalam jangka lama. Karena berlian tahan dari suhu hingga 1300 derajat celcius dan tahan terhadap bahan kimia.

"Kimia karbon dengan presentase mencapai 99,95 persen yang dimiliki berlian, tidak mudah beraksi dengan kimia apapun. Serta kemampuannya memantulkan cahaya," tambahnya.

Nah, kilau berlian didapatkan melalui proses asahan. Bagian ini terpenting karena jika tidak diasah berlian sebesar apapun tidak akan berlian karena tidak mengeluarkan kilau indahnya yang disebut “Beauty of Diamond”.

Berlian sendiri, terbentuk jauh di dalam bumi. Kedalaman ini mencapai 1400 kilometer di bawah permukaan laut, dengan tekanan hingga 60 ribu kilobar. Setelah jutaan tahun berlalu, oleh tekanan dan pergeseran perut bumi barulah berlian secara perlahan terdorong naik ke permukaan.

"Walaupun sangat keras, bukan berarti berlian tidak bisa pecah. Berlian akan hancur berkeping-keping jika terbentur pada 'weak point' atau titik lemahnya," tutupnya.


Sumber: https://www.vemale.com



Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Harga Berlian “Terbesar Dalam Sejarah”

Informasi Umum / Harga Berlian Terbesar

Mengapa Harus Perhiasan Berlian

Artikel / Manfaat Perhiasan Berlian

Cara Menilai Kualitas dan Harga Berlian dengan 4 C

artikel/ Faktor Penentu Kualitas Dan Harga Berlian.