Ketika anda memiliki rencana untuk membeli berlian, sebaiknya anda memahami seluk beluk berlian terlebih dahulu. Ini penting karena nilai jual atau harga batu berlian tidak seperti emas dan perak yang relatif sama dengan takaran berat tertentu. Kualitas dan harga sebuah berlian biasanya ditentukan oleh empat faktor yang dikenal dengan 4C yakni Carat Weight (berat karat), Cut (pemotongan), Clarity (kejernihan), dan Color (warna).

Berikut adalah fakta dan informasi mengenai 4C berlian yang perlu Anda ketahui:

Cara Menilai Kualitas dan Harga Berlian dengan 4 C

1. Carat Weight (Berat Berlian)

Karat berlian adalah hal pertama yang sering muncul ketika kita membicarakan berlian. Karat merupakan satuan standar berat untuk berlian. Berat karat juga dinyatakan sebagai “points” dengan satu karat berlian setara dengan 100 points. Istilah ‘karat’ sering disalahartikan sebagai ukuran berlian.

Ukuran berlian adalah dimensi berlian itu sendiri yang dipengaruhi oleh lebar, panjang, dan tinggi berlian. Berat karat berlian bukan berdasarkan seberapa besar ukurannya, akan tetapi berdasarkan satuan ukur, maka dua berlian yang mempunyai ukuran 1 karat mungkin memiliki penampilan berbeda.

Ukuran akhir dari 1 karat berlian tergantung pada bagaimana berlian tersebut dipotong.

Batu berlian dengan potongan yang bagus, bisa tampak lebih besar dibandingkan dengan berlian dengan berat karat yang lebih tinggi.

2. Clarity (Kejernihan Berlian)

Kejernihan berkaitan dengan seberapa jernih berlian dan menandakan ada tidaknya inklusi (flaws) dan cacat dalam permukaan berlian.

Inklusi dapat menyebabkan aliran cahaya dalam berlian terganggu, sehingga menyebabkan beberapa cahaya yang dipantulkan akan hilang.

Jumlah, ukuran, warna, lokasi, dan visibilitas dari setiap inklusi atau cacat dapat memengaruhi kejernihan relatif dan kualitas dari berlian.

Mayoritas jenis inklusi berlian tidak dapat dilihat oleh mata manusia, oleh karena itu dikembangkan sistem untuk mengetahui tingkat kejernihan berlian yang dikenal sebagai Diamond Clarity Chart.

Cara Menilai Kualitas dan Harga Berlian dengan 4 C
Cara Menilai Kualitas dan Harga Berlian dengan 4 C

3. Cut (Pemotongan Berlian)

Pemotongan berlian adalah kategori penting yang berdasarkan pada dua faktor berbeda.

Faktor pertama adalah berhubungan dengan bentuk dan gaya berlian, contohnya berlian dipotong bentuk Pear, Princess, Round, Brilliant Heart, Marquise, maupun bentuk lainnya.

Faktor kedua yaitu cara berlian kasar dipotong untuk menghasilkan berlian halus. Efek dari pemotongan berlian ini akan menghasilkan tingkat kilauan, kecemerlangan, serta kilap yang lebih tinggi.

Pemotongan berlian dengan cara yang tepat akan dapat memantulkan cahaya lebih banyak dan terlihat lebih baik dari berlian yang memiliki tingkat kejernihan lebih tinggi, serta tampak terlihat 2 atau 3 grade lebih tinggi daripada warna yang sebenarnya. Kualitas berlian juga tergantung pada potongan facet nya.

4. Color (Warna Berlian)

Warna berlian berkaitan dengan nilai, tingkat kelangkaan, dan kualitas berlian.

Apa perbedaan antara berlian berwarna alami dan buatan?

Berlian berwarna alami merupakan produk alami yang unik yang telah terbentuk selama ribuan tahun oleh proses kristalisasi.

Faktor-faktor yang memengaruhi warna berlian antara lain peningkatan pemberian suhu tinggi, fluoresensi dan warna akibat tekanan tinggi, dan iradiasi.

Proses iradiasi berguna untuk mengubah warna berlian, proses ini dapat disebut juga dengan pemberian warna sintetis pada berlian.

Berlian warna sintetis adalah berlian tidak alami karena diciptakan di laboratorium.

Berlian sintetis jauh lebih murah daripada berlian berwarna alami, sehingga lebih terjangkau untuk semua orang

Cara Menilai Kualitas dan Harga Berlian dengan 4 C
Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Cara Menggunakan Aksesoris (Perhiasan) yang Tepat dan Cantik

artikl/ memakai perhiasan/ agar tepat dan cantik

Cara Memadu Padankan Perhiasan dengan Aksesoris Wanita Lainnya

Artikel / Tips Memaduukan Perhiasan dengan Aksesoris Wanita Lainnya

Tips dan Trik Membeli Perhiasan dengan Harga Murah

Artikel / Cara Membeli Perhiasan Harga Murah

Faktor Penentu Biaya Dan Harga Cincin Pernikahan

Artikel / harga Cincin Pernikahan / Harga Cincin Kawin