Panduan Memilih Perhiasan Batu Ruby Untuk Penampilan Elegan
Panduan Memilih Perhiasan Batu Ruby untuk Penampilan Elegan

Panduan Memilih Perhiasan Batu Ruby untuk Penampilan Elegan

Senin, 08 Jul 2024
Batu ruby, bagaikan api yang berkobar dalam dunia perhiasan, memancarkan pesona merahnya yang menawan dan penuh makna. Bagi para pecinta perhiasan, batu ini bukan sekadar aksesoris, tetapi juga simbol kekuatan, gairah, dan kemewahan.

Memilih perhiasan batu ruby yang tepat untuk penampilan elegan membutuhkan pertimbangan matang. Berikut panduan lengkap untuk membantu Anda menemukan permata sempurna yang memancarkan pesona dan karakter Anda.

Cara Memilih Perhiasan Batu Ruby

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan sebelum memilih atau membeli perhiasan batu ruby seperti:
  • Warna
Warna merah adalah ciri khas batu ruby, namun terdapat variasi dalam gradasi dan saturasinya. Warna merah darah (pigeon blood) dianggap paling berharga, diikuti dengan merah raspberry, merah ceri, dan merah maroon. Pilihlah warna yang sesuai dengan selera Anda dan komplemen warna kulit Anda.

Perhatikan nuansa warna merah. Warna merah ruby yang hangat dengan sedikit sentuhan orange atau ungu umumnya lebih disukai. Batu ruby dengan warna merah yang terlalu gelap atau terlalu terang mungkin memiliki kualitas yang lebih rendah.
  • Potongan
Batu ruby tersedia dalam berbagai potongan, seperti oval, bulat, marquise, dan emerald. Potongan yang tepat dapat memaksimalkan keindahan dan kilau batu. Pertimbangkan bentuk wajah Anda saat memilih potongan, dan pilihlah potongan yang sesuai dengan proporsi tubuh Anda.

Potongan oval dan bulat klasik dan cocok untuk berbagai bentuk wajah. Selain itu, Potongan marquise dan emerald lebih unik dan dramatis, cocok untuk Anda yang ingin tampil beda.
  • Kejernihan
Batu ruby alami umumnya memiliki inklusi (cacat alami) yang terlihat seperti serat sutra atau gelembung. Inklusi ini tidak selalu mengurangi keindahan batu, namun batu ruby dengan inklusi minimal umumnya lebih berharga. Pilihlah tingkat kejernihan yang sesuai dengan anggaran dan preferensi Anda.

Perhatikan tingkat inklusi dengan seksama. Inklusi yang terlalu banyak atau terlalu besar dapat mengganggu keindahan batu. Batu ruby dengan inklusi yang tidak terlihat dengan mata telanjang umumnya dianggap berkualitas baik.
  • Karat
Ukuran batu ruby diukur dalam karat. Semakin besar karat, semakin besar dan berat batu tersebut. Harga batu ruby juga meningkat seiring dengan karat. Pertimbangkan anggaran Anda dan proporsi tubuh Anda saat memilih ukuran batu.

Batu ruby kecil dengan potongan yang bagus dapat terlihat lebih indah daripada batu ruby besar dengan potongan yang tidak proporsional. Pertimbangkan ukuran batu ruby yang sesuai dengan skala perhiasan dan bagian tubuh yang akan dihiasi.

Memilih Logam pada Perhiasan Batu Ruby

Pada perhiasan batu ruby, tak hanya batu ruby saja yang perlu diperhatikan atau dipilih dengan cara tertentu. Logam untuk perhiasannya juga perlu diperhatikan bahan atau materialnya.
  • Emas
Emas adalah pilihan klasik untuk perhiasan batu ruby. Warna kuning emas yang hangat memberikan kontras yang indah dengan warna merah batu ruby. Emas tersedia dalam berbagai tingkat kemurnian, seperti 24 karat, 18 karat, dan 14 karat. Semakin tinggi karat, semakin murni emas dan semakin mahal harganya.

Emas kuning 18 karat adalah pilihan yang populer untuk perhiasan batu ruby karena keseimbangan antara keindahan dan daya tahan. Selain itu, emas putih menawarkan nuansa modern dan minimalis yang cocok untuk gaya kontemporer. Ada juga emas mawar yang memberikan sentuhan romantis dan feminin pada perhiasan batu ruby.
  • Perak

Perak memberikan nuansa modern dan minimalis pada perhiasan batu ruby. Warna perak yang berkilau dapat meningkatkan keindahan batu ruby. Perak juga merupakan pilihan yang lebih terjangkau dibandingkan emas.

Perak 925 adalah pilihan yang populer untuk perhiasan batu ruby karena keseimbangan antara keindahan dan daya tahan. Lapisan rhodium pada perak dapat memberikan kilau dan ketahanan yang lebih lama. Pertimbangkan gaya perhiasan dan selera pribadi Anda saat memilih antara emas dan perak.

  • Platinum
Platinum adalah pilihan ideal untuk perhiasan batu ruby yang tahan lama dan kokoh. Platinum tidak mudah kusam dan tidak menimbulkan alergi. Warna putih platinum memberikan kontras yang elegan dengan warna merah batu ruby.

Platinum adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang menginginkan perhiasan batu ruby yang tahan lama dan berkualitas tinggi. Harga platinum umumnya lebih mahal dibandingkan emas dan perak. Pertimbangkan gaya hidup dan anggaran Anda saat memilih antara platinum, emas, dan perak.

Pilih Desain yang Sesuai

Perhiasan ruby hadir dalam berbagai desain, mulai dari cincin, kalung, gelang, hingga anting. Pilih desain yang sesuai dengan gaya pribadi Anda dan acara yang akan Anda hadiri. Untuk penampilan sehari-hari, pilih desain yang lebih sederhana dan klasik. Untuk acara formal, Anda bisa memilih desain yang lebih mewah dan berkilau.

Perhatikan Sertifikat dan Keaslian

Pastikan Anda membeli perhiasan ruby dari penjual terpercaya yang menyediakan sertifikat keaslian. Sertifikat ini menjamin bahwa batu ruby yang Anda beli adalah asli dan memiliki kualitas yang dijanjikan.

Sesuaikan dengan Anggaran

Ruby adalah salah satu batu permata yang paling berharga, jadi penting untuk menyesuaikan pilihan Anda dengan anggaran yang Anda miliki. Jangan tergiur untuk membeli ruby yang sangat mahal jika tidak sesuai dengan anggaran Anda. Ada banyak ruby dengan kualitas baik yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih terjangkau.

Pendapat Penulis

Memilih perhiasan batu ruby membutuhkan perhatian pada detail seperti warna, kejernihan, potongan, dan desain. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, Anda dapat menemukan perhiasan ruby yang tidak hanya meningkatkan penampilan elegan Anda tetapi juga menjadi investasi berharga. Pastikan untuk membeli dari penjual terpercaya dan merawat perhiasan Anda dengan baik agar tetap indah dan berkilau sepanjang waktu.

Perhiasan dengan paduan batu ruby dapat anda temukan di Logam Mulia. Logam Mulia, Toko Perhiasan Emas dan Berlian Malang, didirikan pada tahun 1986 dan pertama berlokasi di Malang Plaza Mall, sekarang memiliki 2 cabang, yaitu di Malang Town Square dan Mall Olympic Garden. Merupakan toko jewelry di kota Malang. Toko perhiasan yang menyediakan berbagai macam perhiasan berkualitas.

Toko Perhiasan Berlian Malang

Logam Mulia menyediakan aneka koleksi perhiasan berlian terbaru dan terlengkap, mulai dari cincin berlian, kalung berlian, anting berlian, gelang berlian, hingga cincin kawin berlian. Lihat koleksi perhiasan berlian pilihan kami melalui link di bawah ini dan kunjungi toko kami di Matos dan MOG Malang.

Batu safir telah lama menjadi salah satu batu permata yang p...

Tidak ada seorang wanita yang tidak tergoda oleh perhiasan. ...

Batu ruby dengan warna merah yang memikat dan keindahannya y...

Tidak ada yang lebih sempurna dibandingkan perhiasan berlian...

Batu merah delima atau lebih dikenal dengan sebutan batu rub...

Cincin Berlian Pencarian Populer
Captcha image
Show another codeUbah Kode Verifikasi
Send Message