Berlian selalu menjadi daya tarik setiap wanita. Harganya yang mahal membuatnya sangat berisiko besar untuk membelinya di toko perhiasan yang tidak terpercaya. Batu berlian yang asli dan palsu sangat sulit untuk dibedakan. Tetapi jika mengetahui bagaimana cara membedakannya maka akan lebih memudahkan Anda untuk mendapatkan berlian yang disukai.

Mencari tahu berlian Anda itu asli atau palsu merupakan hal yang menggoda. Kebanyakan orang penasaran dengan berlian yang dimilikinya asli atau palsu, banyak orang beralih kepada tukang perhiasan profesional untuk mengetahuinya. Namun Anda tidak perlu pintar untuk membedakan yang asli dari yang palsu cukup dengan teknik embun, mengamati dan menggunakan kaca pembesar. Bagi para wanita yang tidak bisa membedakan mana berlian asli dan palsu, maka simak tips berikut ini:

Cara Sederhana untuk Mengetahui Berlian Asli atau Palsu

1. Menguji dengan Teknik Embun

Letakkan berlian di depan mulut dan hembuskan embun nafas ke arah berlian seperti mengembus cermin. Jika embunnya bertahan selama beberapa detik, kemungkinan palsu. Berlian asli segera mendispersikan panas dari nafas Anda sehingga tidak mudah berembun. Jika Anda diamkan sekali pun setelah mengembuskannya, maka akan tetap mengering lebih cepat daripada yang palsu.

Jika Anda meletakkan berlian yang Anda tahu itu asli di samping berlian yang Anda curigai dan mengembuskan keduanya. Anda dapat melihat berlian yang asli tetap kering sementara yang palsu berembun jika Anda mengembuskan berlian palsu berkali-kali, Anda akan melihat kondensasi embunnya mulai menjadi air. Dengan setiap hembusan, berlian yang palsu akan berembun terus, sementara yang asli akan tetap kering terus.

2. Letakkan Berlian di atas Koran

Jika berlian asli, maka Anda tidak akan bisa melihat tulisan pada yang berbayang pada batu berlian. Sebab berlian asli memiliki sisi bagian dalam yang kompleks, sehingga cahaya tidak akan bisa membuat bayangan pada batu berlian.

3. Lihat Sisi pada Berlian

Berlian asli akan memperlihatkan kilauan yang mempesona dari berbagai sisi. Berlian palsu seringkali didesain hanya memberikan kilauan pada bagian atasnya saja, namun kurang berkilau dari sisi lainnya.

4. Menguji Berlian dengan Kaca Pembesar

Anda biasanya dapat meminjamnya dari toko perhiasan. Berlian yang ditambang biasanya memiliki kecacatan kecil yang alami, yang disebut dengan lup. Cari serpihan kecil mineral lain atau perubahan warna yang sangat halus. Kedua hal itu merupakan tanda bahwa Anda berurusan dengan berlian yang asli, walaupun cacat.

Jadi sebaiknya jangan jadikan kecacatan sebagai kriteria utama menentukan keaslian berlian, sebelum Anda melakukan pengujian yang lainnya seperti dengan menggunakan alat mikroskop.

Cara Sederhana untuk Mengetahui Berlian Asli atau Palsu

5. Bandingkan Berat Berlian yang Anda inginkan dengan Berat Berlian yang Lain

Jika batu berlian terasa lebih berat, bisa jadi berlian yang Anda inginkan merupakan berlian palsu yang terbuat dari batu Cubic Zirconia. Batu ini berasal dari Austria yang memilki kilau batu seperti berlian.

Sumber: http://wolipop.detik.com

Toko Perhiasan Berlian Malang

Artikel Pilihan Lainnya

Cara Merawat Perhiasan Berlian Secara Berkala Agar Lebih Awet

Cara Merawat Perhiasan / Perhiasan / Emas

Mengetahui Berlian Kualitas Tinggi Sebelum Membeli

Artikel / Tips / Mengetahui Kualitas Berlian

4 Cara Merawat Batu Permata untuk Menjaga Kualitasnya

Artikel / Cara Merawat Batu Permata / Batu Permata

Tren Cincin Berlian untuk Lamaran di Tahun 2019

Informasi Umum / Tren Cincin Berlian untuk Lamaran di Tahun 2019